Kemenag Pangandaran; Khotib Sholat Ied Dihimbau Berkhotbah dengan Santun

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran, Cece Hidayat. Photo: Aceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, H. Cecep Hidayat, ditunjuk sebagai khotib sholat Ied di tingkat kabupaten. Dirinya menghimbau kepada seluruh khotib di wilayah Kabupaten Pangandaran, untuk berkhotbah dengan santun dan menyejukan para jama’ah sholat Idul Fitri.

Selain itu, khotbah yang disampaikan juga harus bisa menentramkan, jalin silaturahmi, serta bersyukur, karena momen Lebaran Idul Fitri diharapkan kembali kepada jiwa yang fitrah dan jadi perekat serta memperkokoh tali persatuan dan kesatuan umat dan bangsa.

“Saya berharap materi yang disampaikan nanti benar-benar sebuah ajakan semangat baru dan gelora yang begitu besar terhadap kesatuan dan persatuan umat, cinta sesama manusia, saling menjaga toleransi antar umat beragama. Karena ini akan menjadi entri poin dalam rangka peningkatan kerukunan umat beragama di masyarakat,” ungkapnya, kepada HR Online, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (08/06/2018).

Lanjut Cece, Kementerian Agama memang tidak punya hak membatasi hal itu, namun etika sopan santun seorang khotib alangkah bagusnya memberikan kesejukan, ketenangan, dan kenyamanan kepada jama’ah.

Selain itu, pihaknya juga berpesan kepada para khotib untuk mengingatkan umat agar mensyukuri nikmat kemenangan di hari yang suci, termasuk mengajak umat menyebarkan kebaikan kepada siapapun dan memberikan dorongan, serta motivasi kepada masyarakat supaya lebih mencintai tanah air, khususnya di Kabupaten Pangandaran.

“Jadi, ketika jama’ah selesai mengikuti sholat Ied, mereka benar-benar akan mendapatkan masukan, tidak memunculkan reaksi emosi masyarakat, karena menjadi seorang khotib itu bukan hanya terlaksananya syarat dan rukun saja,” tandas Cecep. (Madlani/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA