Kemenag RI Cetak Naskah Khotbah Ied untuk Disebar ke Tiap DKM di Pangandaran

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran, Cece Hidayat. Photo: Aceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kementerian Agama RI telah mencetak naskah khotbah untuk disebar ke setiap DKM di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Naskah tersebut nantinya akan disampaikan para khatib sholat Ied kepada para jama’ah.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran, Cece Hidayat, kepada HR Online, Jum’at (08/06/2018). Dirinya pun meminta agar para khatib sholat Ied menyampaikan khotbah yang mengandung makna luas dan bisa menyejukan hati para jama’ah.

“Naskah yang dibuat Kementerian Agama merupakan acuan saja, dan silahkan ditambahkan pemaparannya oleh para khotib, yang penting isinya bisa menyejukan. Jama’ah solat Ied harus merasakan ketenangan dan kesejukan jiwa yang fitrah,” kata Cecep.

Selain itu, materi khotbah yang disampaikan juga harus bisa menjaga ukhuwah wathoniah, insaniah dan Islamiah. Karena, Lebaran merupaka hari yang istimewa bagi umat muslim, yang mana Idul Fitri itu adalah kembali kepada jiwa yang bersih.

Dia juga berpesan, materi khotbah yang disampaikan para khotib menjadi semangat jama’ah sholat Ied dalam mempersatukan umat Islam, dan saling menjaga toleransi antar umat beragama.

“Para khotib diminta untuk mengingatkan jama’ah agar selalu mensyukuri nikmat kemenangan di hari yang Fitri nanti. Karena, untuk menjadi seorang khotib itu bukan hanya terlaksananya syarat dan rukunnya saja,” pungkas Cecep. (Cenk/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar