Menjelang Pencoblosan, Gerindra Ciamis Gelar Pelatihan Saksi untuk Paslon HY

Pelatihan saksi untuk Paslon HY yang digelar Gerindra Ciamis. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Partai Gerindra Kabupaten Ciamis menggelar pelatihan saksi untuk mengawal hasil pemilihan suara pasangan calon Herdiat-Yana(HY). Para calon saksi tersebut nantinya akan menjadi pengirim pertama hasil perolehan suara di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada 27 Juni 2018 nanti.

Dari informasi yang dihimpun, pelatihan saksi tersebut diikuti oleh sekitar 500 peserta dari lima kecamatan, yakni Kecamatan Cikoneng, Sukamantri, Sindangkasih, Panawangan dan Banjarsari. Sementara itu, acara tersebut berlangsung di Gedung Graha Ayoe pada Rabu (30/05/2018).

Ketua DPC Gerindra Ciamis, Pipin, mengatakan, bahwa pelatihan tersebut sangat diperlukan agar semua saksi, khususnya dari Gerindra, dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam melaporkan serta mengawal perolehan suara untuk pasangan HY.

“Saksi di TPS yang akan melaporkan has perolehan suara untuk pasangan HY yang dikirimkan baik melalui SMS maupun berupa foto kepada server yang sudah disediakan Tim pada pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis,” ungkapnya.

Pipin melanjutkan, bahwa pelatihan saksi ini tiada lain untuk memberikan pemahaman kepada seluruh saksi bagaimana tata cara melaporkan hasil perhitungan suara melalui SMS. Selain itu, para saksi tersebut juga akan diberikan satu nomor telepon khusus untuk mengirimkan hasil perhitungan suara dengan cepat.

Untuk yang tidak memiliki handpone android, lanjutnya, para saksi bisa melakukan pengiriman lewat sms. Adapun bagi saksi yang memiliki Android, bisa mengirimkan hasil perhitungan suara lewat foto.

“Saksi di TPS bukan berarti hanya menunggu hasil perhitungan suara saja, melainkan dibentuk menjadi tim oleh partai Gerindra dalam mensuksesakan dan memenangkan pasangan HY di tiap TPS,” pungkasnya (Es/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA