Oppo Fine X Dibekali Teknologi 3D Membuat Selfie Makin Ciamik

Kamera 3D Oppo Fine X. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Teknologi 3D Structured Light yang disematkan pada Oppo Find X menjadi poin keunggulan, selain dari desainnya. Tak hanya untuk keamanan perangkat, fitur tersebut juga bisa membuat foto selfie semakin ciamik.

Dilansir detiknet, Sabtu (23/06/2018), demi mengusung layar penuh tanpa notch, Oppo sengaja menyematkan sistem ‘kamera pengintai’ pada Find X. Ketia akan digunakan, modul kamera itu akan muncul pada bagian atas ponsel.

Melalui modul kamera ini, Oppo menempatkan kamera depan dan belakang, yang di dalamnya juga dipasang sejumlah sensor, yaitu dot projector, ranging sensor, receiver, kamera infrared dan flood illuminator. Sensor-sensor tersebut yang digunakan untuk menghadirkan 3D Structured Light.

Dalam proses 3D Structured Light, dot proyektor menembakan laser ke 15 ribu titik ke arah muka untuk membuat 3D model wajah yang tepat dan lengkap. Dengan begitu, maka dapat mengidentifikasi karakteristik pengguna secara akurat, sehingga langsung dikenali saat menatap ke layar, mekipun dalam kondisi gelap.

Adapun tingkat kesalahan pemindaian wajah 3D Structured Light, Oppo mengklaim itu hanya 1/1.000.000, jauh lebih rendah dibanding sensor sidik jari yang memiliki tingkat kesalahan 1/50.000. Karena tingkat keamanannya begitu tinggi, maka fitur tersebut dapat digunakan untuk pembayaran, salah satu yang mendukung Alipay.

Selain itu, Oppo juga memanfaatkan teknologi 3D Structured Light untuk fitur selfie. Dengan menggunakan sistem pendeteksi cahaya 3D membuat Find X mampu mendapatkan informasi wajah presisi tinggi untuk model 3D yang tepat.

Dipadukan dengan teknologi AI, wajah pengguna dianalisis untuk diberikan saran profesional. Terdapat empat opsi pengaturan beautification yang bisa disesuaikan. Jika pengaturan beauty 3D sudah dikonfigurasikan, selanjutnya pengguna bisa melihat pengaturan kecantikan secara real-time.

Oppo Find X juga memanfaatkan teknik pencahayaan 3D untuk potret artistik. Dalam teknik ini ada pencahayaan yang menyoroti kontur wajah manusia, cahaya bi-color yang mensimulasikan warna biru merah neon klasik, serta cahaya rim yang bisa mencerahkan warna kulit dan membuat kontur lebih jelas. Dengan pencahayaan potret menjadikan selfie pun lebih indah.

Kemudian, Oppo juga memanfaatkan 3D Structured Light untuk membuat animasi emoji yang disebut Omoji, dimana pengguna dapat memilih gambar yang menarik untuk membuat Omojis atau avatar kartun, lalu membuat video atau GIF emoji.

Bahkan, pengguna bisa memakainya di semua aplikasi obrolan dan mengobrol dengan teman menggunakan Omoji mereka sendiri. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar