Password yang Paling Gampang Dibobol Selama Tahun 2017

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakya.com),- Dashlane, sebuah perusahaan yang menyediakan aplikasi password belum lama ini mengumumkan daftar password yang rentan bahkan mudah dibajak atau hack selama tahun 2017.

Diungkapkan para peneliti yang dilakukan Dashlane dengan dibantu Virginia Tech seperti dikutip Mirror, bahwa setidaknya lebih dari 61 juta kata sandi atau password yang tidak sulit untuk dihack.

Menurut Gang Wang, salah satu peneliti dari Virginia Tech, kata sandi yang sering dipakai terdiri dari susunan huruf alfabet serta angkat yang berurutan, sehingga itu yang membuat password sangat mudah untuk dibajak.

Wang menambahkan, memang tidak mudah untuk dapat mengingat kata sandi kompleks. Sehingga, mereka lebih membuat kata sandi yang disusun dengan mudah. “Itu yang malahan berbahaya, karena akun bisa dengan mudah diretas,” ucapnya.

Dari 61 juta password yang rentan dibobol, menurut Wang berikut ini daftar kata sandi yang sangat mudah di-hack selama tahun 2017, diantaranya urutan angka ‘23456’, kata ‘qwerty’, gabungan huruf dengan angka ‘1q2w3e4r’ serta ‘zaq12wsx’.

Selain itu klub sepakbola, film atau merek minuman juga paling sering digunakan, antara lain ‘liverpool’, ‘arsenal’, ‘cocacola’, ‘starwars’, ‘superman’, dan lain sebagainya. Kata-kata tidak sopan atau senonoh juga ada antara lain ‘f*ckyou’, ‘bullsh*t’, dan ‘ihateyou’.

Supaya bisa membuat password yang sulit namun gampang diingat, berikut ini tips ala Dashlane

  • Pakai gabungan kata sandi unik di setiap akun
  • Buat password paling sedikit 8 karakter
  • Buat kata sandi atau password campuran antara huruf kapital dengan huruf kecil, angka, atau simbol
  • Jangan memakai kata sandi yang gampang, seperti memakai nama orang, tanggal lahir, nama lokasi atau tempat
  • Jangan sesekali menggunakan koneksi WiFi ketika melakukan log in memakai kata sandi. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar