(Pilkada Ciamis) Herdiat: Yang Bisa Laporkan Pelaku Money Politik Dapat Hadiah Rp. 1 Juta

Calon Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, saat menggelar kampanye terbuka di Lapangan Lokasana Ciamis, Rabu (20/06/2018). Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Calon Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menegaskan, pihaknya menggelar sayembara untuk siapapun yang bisa melaporkan pelaku money politik pada hari tenang atau saat akan dilakukan pencoblosan Pilkada Ciamis, akan diberi hadiah sebesar Rp.1 juta. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya serangan pajar dari pihak lawan dengan membagi-bagikan uang untuk mempengaruhi pemilih.

“Untuk tim pemenangan dan relawan sudah kami intruksikan untuk menjaga dan mengantisipasi serangan pajar di kampungnya masing-masing. Tapi sayembara ini bukan untuk tim HY saja, tetapi untuk siapapun yang menemukan adanya praktek money politik akan beri hadiah sebesar Rp. 1 juta,” ujar Herdiat, usai menggelar kampanye terbuka di Lapangan Lokasana Ciamis, Rabu (20/06/2018).

Berita Terkait: Pasangan HY Gelar Istigosah Kubro Menangkan Pilkada Ciamis

Namun begitu, Herdiat mengingatkan, saat menangkap dan melaporkan pelaku money politik jangan dilakukan secara anarkis. Pelapor cukup membawa bukti-bukti dan saksi adanya praktek money politik dan langsung laporkan ke pihak Panwaslu. “Setelah bukti-bukti itu sudah dilaporkan ke Panwaslu, kemudian laporan Panwaslu-nya berikan kepada kami, langsung diberi hadiah Rp. 1 juta. Tapi bukti laporannya harus kuat dan jangan ada unsur fitnah,” ungkapnya.

Herdiat pun mengatakan, meski hasil survei yang dilakukan berbagai lembaga survei menunjukan elektabilitas Herdiat-Yana sudah unggul dari lawannya, namun dirinya meminta kepada seluruh pendukungnya agar tidak lengah. “Kami tidak ingin terlena oleh hasil survei. Anggap saja hasil survei tidak ada. Semua tim, baik dari parpol, relawan dan simpatisan sudah diintruksikan untuk terus berjuang mengawal kemenangan pasangan Herdiat-Yana sampai hari pencoblosan,”tegasnya.

Herdiat menambahkan, kalau merujuk pada hasil survei terbaru atau yang dirilis bulan ini, pasangan Herdiat-Yana masih unggul. “Persentasi keunggulannya masih sama seperti hasil survei bulan lalu, di kisaran selisih 16 persenan,”ujarnya.

Herdiat juga mengatakan pihaknya sudah mengintruksikan kepada seluruh tim pemenangan, relawan dan simpatisan agar menjaga kondusifitas pada pelaksanaan Pilkada. “Prinsipnya kita ingin Pilkada Ciamis ini berjalan bersih, tertib, aman dan bermartabat. Insyallah tim kami akan menjaga itu semua,” pungkasnya. (es/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA