(Pilkada Ciamis) Iing Syam Arifin Kalah di TPS-nya, Oih Burhanudin Menang Telak

Calon Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, bersama istri saat menyalurkan hak pilihnya di TPS 09 Lingkungan Lebak, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Rabu (27/06/2018). Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tak hanya kalah pada penghitungan cepat perolehan suara Pilkada Ciamis versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Calon Bupati Ciamis inkumbent, Iing Syam Arifin, pun tampaknya kalah di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lingkungan rumahnya atau di TPS 09 Lingkungan Lebak, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dari pantauan HR Online di TPS tersebut, pasangan Calon Bupati- Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin, kalah dari pasangan Calon Bupati- Wakil Bupati Ciamis, Herdiat- Yana D Putra. Paslon Iing-Oih memperoleh 195 suara. Sementara paslon Herdiat-Yana memperoleh 233 suara.

Penghitungan suara di TPS itupun berlangsung cukup lama. Menurut Ketua KPPS TPS 09, Asep yudi, ketika ditemui HR Online, Rabu (27/06/2018) petang, pihaknya sengaja melakukan penghitungan suara secara hati-hati dan tidak terburu-buru. Hal itu agar penghitungan suara tidak diulang akibat kesalahan dalam menghitung.

“Kami menghitung secara hati-hati agar tidak terjadi kesalahan. Bahkan, untuk meyakinkan para saksi paslon dalam penghitungan, kami mempersilahkan untuk meneliti setiap surat suara yang dihitung,” jelasnya

Menurut Asep, dari hasil penghitungan suara Pilkada Ciamis di TPS 09 Lingkungan Lebak, pasangan Herdiat-Yana memperoleh 233 suara dan Iing-Oih memperoleh 195 suara.

Sementara itu, saat melakukan pencoblosan bersama keluarganya di TPS 09 Lingkungan Lebak, Rabu (27/06/2018) pagi, Iing mengaku optimis dapat memenangkan Pilkada Ciamis untuk ketiga kalinya. Bahkan, dia menyebut untuk di TPS 9 atau tempatnya melakukan pencoblosan, dapat memperoleh suara tertinggi dibanding pesaingnya.”Untuk keseluruhan, saya optimis bisa memenangkan Pilkada untuk melanjutkan periode kedua,” tegasnya.

Iing pun berharap pelakansaan Pilkada Ciamis berjalan aman dan demokratis. “Apapun hasilnya nanti, Pilkada Ciamis harus sukses dan aman. Sehingga masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya serta mengikuti proses Pilkada dengan tenang dan nyaman,”ujarnya.

Sementara itu, di tempat Calon Wakil Bupati Ciamis, Oih Burhanudin, menyalurkan hak pilihnya atau di TPS 2 di Desa Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis Ciamis, Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin, menang telak dari pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Herdiat-Yana D Putra.

Menurut Ketua KPPS TPS 2 Desa Selamanik, Awan, dari jumlah pemilih sebanyak 318,  paslon Iing-Oih memperoleh 247 suara. Sementara paslon Herdiat-Yana hanya mendapat 67 suara. Sedangkan sisanya suara tidak sah. (es/Edji/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA