(Pilkada Ciamis) Iing Syam Arifin: Kita Tunggu Saja Hasil Penghitungan Resmi KPU

Calon Bupati Ciamis incumbent, Iing Syam Arifin, saat menggelar konferensi pers, di Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (28/06/2018) malam. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Meski dinyatakan kalah dalam perolehan suara Pillkada Ciamis versi penghitungan cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Calon Bupati Ciamis incumbent, Iing Syam Arifin, menyatakan pihaknya masih menunggu hasil rekapitulasi suara resmi yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis. Menurutnya, pihaknya akan berpegang pada hasil resmi KPU dalam menentukan siapa pemenang pada perhelatan Pilkada Ciamis.

“Kalau pihak lain menyatakan sudah menang, ya silahkah saja. Itu hak mereka. Setiap tim pemenangan punya penghitungan masing-masing. Namun, kami memilih untuk menunggu hasil penghitungan suara resmi dari KPU,” ujarnya, kepada sejumlah awak media, saat menggelar konferensi pers, di Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (28/06/2018) malam.

Iing pun mengaku pihaknya sengaja tidak mengeluarkan hasil penghitungan suara versi internalnya. Pihaknya, kata dia, lebih memilih menunggu hasil penghitungan resmi KPU. “Saat ini penghitungan suara di KPU masih berproses. Baiknya kita tunggu saja KPU menyelesaikan penghitungannya,” imbuhnya.

Iing mengatakan angka partisipasi pemilih pada Pilkada Ciamis kali ini menurun apabila dibanding dengan Pilkada Ciamis sebelumnya. “Pada Pilkada Ciamis sebelumnya, angka partisipasi pemilih sampai 70 persen. Tetapi Pilkada kali ini persentasi pemilihnya hampir fifty-fifty. Tentunya hal itu harus menjadi evaluasi bagi kami pemerintah daerah dan pihak penyelenggara,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Iing juga mengucapkan terima kasih kepada parpol koalisi pendukung, tim relawan dan tim sukses yang sudah bekerja dengan baik dalam pemenangan pasangan Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin. “Mereka sudah bekerja keras di lapangan dan tentunya saya secara pribadi mengucapkan banyak terima kasih. Mengenai hasilnya, kita tunggu saja hasal rekapitulasi resmi KPU,” katanya.

Iing menilai sepanjang pelaksanaan Pilkada Ciamis sudah berjalan dengan baik dan kondusif. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang sudah menyukseskan gelaran Pilkada Ciamis.

Sebelumnya, hasil penghitungan cepat (Quick Count) Pilkada Ciamis yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukan pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis nomor urut 1 Herdiat-Yana D Putra unggul telak dengan persentasi 61,02 persen. Sementara pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis nomor urut 2, Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin hanya memperoleh 38,98 persen. Penghitungan suara ini dilakukan secara random dengan mengambil sampel 250 TPS di wilayah Kabupaten Ciamis. (es/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar