PJU Padam, Jl. Soetami Banjar Rawan Kejahatan & Laka Lantas

Saat malam hari, Jalan Sutami, Lingkungan Ciaren, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, gelap gulita akibat fasilitas lampu Penerang Jalan Umum (PJU) yang ada di jalan tersebut padam. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Akibat lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang terpasang di sepanjang Jalan Soetami, Lingkungan Ciaren, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, tidak berfungsi, jika malam hari jalan tersebut menjadi gelap sehingga rawan kecelakaan.

Kondisi jalan yang gelap membuat warga, terutama para pengendaran khawatir saat melewatinya. Karena terkadang hal-hal yang tidak diinginkan kerap terjadi di jalan yang terkenal teduh oleh rimbunnya pepohonan. Mulai dari pemerasan, orang pacaran, hingga kecelakaan lalu lintas.

Seperti yang pernah dialami Egi (19), warga Sumanding, Kota Banjar. Dia mengaku pernah menjadi korban pemerasan oleh empat orang dan dimintai uang dengan paksa. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (16/06/2018) kemarin, sekitar pukul 23.30 WIB.

“Waktu itu saya sedang naik motor berboncengan dengan teman saya, namun tiba-tiba motor saya dipeped oleh empat orang yang menggunakan dua motor. Lalu mereka meminta uang. Daripada bermasalah, ya terpaksa saya memberi 50 ribu rupiah kepada mereka, dan mereka langsung kabur ke arah Doboku,” tutur Egi, kepada Koran HR, Senin (18/06/2018).

Sejumlah warga setempat pun mengatakan, dengan gelapnya Jalan Soetami memang kerap mengundang aksi kriminalitas. Seperti diungkapkan Dede (41), bahwa kondisi jalan yang gelap sangat berpotensi terhadap pelaku kejahatan, serta rawan kecelakaan lalu lintas.

Hal serupa dikatakan Dadang (38), warga lainnya. Dia meminta kepada Pemerintah Kota Banjar melalui instansi terkaitnya, untuk segera bertindak dan tidak tinggal diam melihat kondisi seperti ini.

“Pemkot Banjar melalui instansi terkait harus segera memperbaiki lampu PJU yang padam di sepanjang Jalan Soetami, karena kalau didiamkan lama dikhawatirkan akan banyak terjadi aksi kejahatan. Sudah hampir sepekan lampu PJU itu padamnya, tapi sampai sekarang belum juga diperbaiki,” kata Dadang.

Menanggapi hal tersebut, Plt. Kepala UPT Kelistrikan Dinas PU Kota Banjar, Asep Bunyamin, saat dikonfirmasi Koran HR via ponselnya, mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan perbaikan terhadap lampu PJU yang padam. “Di Jalan Soetami itu ada lima titik PJU yang padam, dan kami siap untuk memperbaiki,” tandas Asep. (Hermanto/Koran HR)

KOMENTAR ANDA