Tak Mau Dibohongi? Ini Cara untuk Mendeteksi Kebohongan

Ilustrasi orang sedang berbohong. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Tak mau termakan kebohongan orang lain? Jangan khawatir, ada cara untuk mendeteksinya. Tanda-tanda seseorang sedang berkata bohong bisa dilihat dari gestur kecil di wajah orang tersebut.

Dikutip dari LifestyleLiputan6.com, Kamis (28/06/2018), berikut ini yang perlu Anda ketahui tentang tanda kebohongan;

Mata bergerak ke kiri dan kanan

Reaksi psikologis ketika seseorang berbohong adalah perasaan yang tidak nyaman. Hal ini akan berdampak pada pandangan mata yang bergerak ke kanan dan ke kiri secara berulang-ulang. Tapi, biasanya ini terjadi dengan sangat cepat jadi Anda perlu lebih memperhatikannya dengan seksama.

Mata mengedip cepat

Ketika berkata bohong, orang cenderung stres saat berusaha menutupi kebohongan dirinya. Oleh karena itu, reaksi fisik yang ditimbulkannya adalah mengedipkan mata lebih cepat dari biasanya. Bila normalnya berkedip 5-6 kali per menit, namun jika berbohong bisa lebih banyak dari itu.

Menutup mata lebih lama

Orang cenderung menutup matanya lebih lama ketika mengatakan suatu kebohongan. Mata berkedip biasanya 0,1-0,4 detik, tapi saat berbohong bisa hingga 1-2 detik.

Melihat ke arah kanan

Jika orang yang dominan menggunakan tangan kanan, maka mereka cenderung akan melihat ke arah kanan saat sedang berbohong. Begitu pun sebaliknya dengan orang kidal yang akan melihat ke arah kiri saat berbohong.

Senyum palsu

Ketika berbohong, orang cenderung tersenyum, tapi senyum yang dihasilkan hanyalah senyum palsu karena tidak berdampak pada mata yang lebih menyipit.

Menyentuh wajah

Berbohong kerapkali menimbulkan reaksi fisik, seperti gatal, utamanya pada bagian wajah. Jadi, orang yang sedang berbohong pun lebih sering menyentuh wajahnya untuk mengurangi rasa gatalnya.

Itulah beberapa tanda orang sedang berbohong yang dapat Anda ketahui. Semoga Anda tidak lagi gampang dibohongi. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA