Tarik Partisipasi Pemilih, TPS di Banjar Ini Usung Tema Budaya

TPS 11 di Lingkungan Margasari, Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar yang mengusung tema budaya pada Pilkada dan Pilgub Jabar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat),- Pada pelaksanaan Pilkada dan Pilgub Jabar 2018 berbagai cara dilakukan penyelenggara pemilihan untuk menarik warga datang ke TPS agar menunaikan hak pilihnya pada hajat lima tahunan ini. Salah satunya di TPS 11 yang terletak di Lingkungan Margasari, Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat yang mengusung tema budaya Jawa.

Dari pantauan HR Online di lapangan, para petugas tampak mengenakan pakaian adat Jawa, lengkap dengan penutup kepala berupa blangkon. Sementara itu, lokasi TPS tersebut didesain dengan pernak-pernik budaya khas Jawa, seperti Kuda Lumping, tulisan dengan aksara Jawa, patung Onta, patung petani mengayuh sepeda ontel maupun pemasangan burung perkutut di tengah-tengah lokasi TPS serta aneka hiasan menarik lainnya.

Tak hanya itu, penyelenggara juga menyediakan sejumlah doorprize yang akan dibagikan ke warga. Alhasil, warga yang akan menyalurkan hak suaranya maupun yang sudah masih tampak menunggu momen pembagian doorprize di TPS tersebut. Sementara itu, petugas dari PPK Kecamatan Langensari maupun Komisioner KPU, Sofian Munawar, juga tampak di lokasi saat melakukan pemantauan di TPS tersebut.

Ketua PPK Langensari, Ahmad Mujahid, mengatakan, bahwa pelaksanaan Pilkada dan Pilgub Jabar di wilayahnya hingga saat ini berlangsung lancar. Adapun kreativitas untuk menarik simpatik warga agar datang ke TPS di wilayah Langensari ada dua TPS, yakni di TPS yang terletak di Lingkungan Babakan, Kelurahan Muktisari yang mengusung tema Piala Dunia dan TPS 11 di Lingkungan Margasari, Kelurahan Bojongkantong yang mengusung tema budaya.

“Ini sebagai salah satu bentuk inovasi petugas untuk menarik warga agar datang ke TPS. Tentunya semua ini tidak lepas dari koordinasi petugas dengan kami, termasuk dengan KPU Banjar,” katanya kepada HR Online, Rabu (27/06/2018).

Ahmad Mujahid berharap proses pelaksanaan pesta demokrasi di wilayahnya sampai akhir pelaksanaan bisa berjalan lancar. Selain itu, warga juga diharapkan untuk menunaikan hak suaranya di TPS terdekat dengan membawa persyaratan yang ditentukan. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar