Ternyata Ini Fungsi Garis Hitam-Putih pada Zebra

Hewan zebra. Foto : net/ist

Berita Unik, (harapanrakyat.com),- Meski semua orang tahu zebra mempunyai ciri khas yaitu loreng hitam-putih pada tubuhnya, namun tidak semua mengetahui apa fungsi dari pola belang yang dimiliki oleh satwa ini.

Misteri tentang pola belang dari zebra akhirnya terungkap, setelah University of California, Los Angeles (UCLA) melakukan penelitian tentang fungsi dari loreng hitam-putih pada tubuhnya.

Seperti dilansir dari Tempo, tim peneliti tersebut mengungkapkan bahwa loreng hitam-putih itu berhubungan dengan kondisi suhu di tempat zebra tinggal yang terkenal panas. Hewan yang merupakan ikon Afrika ini, melakukan evolusi pada tubuhnya supaya tetap terasa dingin di siang hari.

Loreng hitam-putih yang tebal yang membentuk garis itu bukan cuma mengontrol suhu tubuh satwa penghuni padang rumput ini, akan tetapi juga menjaga dari serangan atau gigitan lalat yang membawa penyakit.

Brenda Larison, pemimpin riset tersebut mengatakan, bahwa dia bersama timnya hanya fokus terhadap zebra daratan, yang memiliki pola garis bervariasi. Sehingga, para peneliti bisa meneliti dan mendalami lebih banyak ragam.  

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Royal Society, Open Science, juga mengungkapkan kalau zebra yang menetap di daerah dengan iklim hangat mempunyai pola garis yang kelihatan tebal serta hampir menutupi semua tubuhnya.

Sementara zebra yang tinggal di kondisi suhu dingin atau lebih dingin yaitu Afrika Selatan serta Namibia, loreng hitam putihnya lebih sedikit, sedikit terang, serta tidak terlalu lebar.

Sebelum penelitian yang dilakukan oleh UCLA, penelitian sebelumnya mengungkapkan kalau zebra adalah hasil evolusi dari kuda yang terjadi 2 juta tahun lalu.

Perkiraan dari para ahli biologi, bahwa fungsi loreng pada zebra untuk membuat bingung predator, menjaga diri dari gigitan pembawa penyakit seperti lalat, mengontrol suhu pada tubuh, serta hubungan sosial.

Sedangkan pada penelitian dan pengujian yang dilakukan Brenda Larison dan timnya, ditarik analisa bahwa faktor paling kuat sehingga terbentuk loreng garis hitam-putih pada zebra adalah untuk mengendalikan suhu pada tubuh.

Jadi belang hitam-putih yang dimiliki zebra bisa menciptakan aliran udara dengan skala kecil pada permukaan tubuh zebra. “Pada panas terik matahari, pola hitam-putih itu akan menghasilkan suhu berbeda,” katanya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA