Akibat Minim Fasilitas PJU, Jalur Ciamis Utara Rawan Lakalantas & Tindak Kejahatan

Ilustrasi PJU. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang akses jalan nasional, tepatnya di sepanjang wilayah Dusun Hayawangan, Desa Winduraja, hingga Desa Purwasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, masih minim.

Akibatnya, setiap malam kawasan tersebut kondisinya gelap gulita. Selain itu, kondisi tersebut juga mengakibatkan kawasan tersebut rawan terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Menindaklanjuti kondisi tersebut, warga Kecamatan Kawali meminta Pemerintah Kabupaten Ciamis dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menyediakan fasilitas PJU di sepanjang kawasan tersebut.

Kodir (41), warga Hayawang, ketika ditemui Koran HR, Selasa (17/07/2018), membenarkan kondisi jalan nasional yang selama ini gelap gulita di malam hari. Menurut dia, selama ini penerangan jalan hanya mengandalkan pencahayaan dari rumah penduduk.

“Bila dibiarkan terus berlangsung lama, dikhawatirkan akan menjadi penyebab terjadinya kecelakaan dan tindak kejahatan,” katanya.

Senada dengan itu, Aman, warga Desa Purwasari, ketika ditemui Koran HR, Selasa (17/07/2018), mengatakan, jalur yang kondisinya minim fasilitas PJU mulai dari wilayah Hayawang menuju arah Panawangan.

“Di jalur itu banyak sekali belokan tajam. Dengan kata lain, banyak titik rawan lakalantas. Makanya di titik-titik rawan tersebut perlu dipasangi PJU,” katanya. (dji/Koran-HR)