Cari Duta Pariwisata, Dispora Kota Banjar Kembali Gelar Moka

Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Banjar. Foto : istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) bersama Paguyuban Mojang Jajaka (Moka) Kota Banjar, kembali menggelar ajang duta pariwisata atau Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Banjar.

Audisi atau proses seleksi awal akan mulai dilakukan, di Aula Setda Kota Banjar, Sabtu (21/07/2018) besok.

“Setelah sebelumnya melalui proses pendaftaran sejak sebulan lebih lalu dan teknikal meeting peserta sendiri sudah dilakukan juga di aula Setda, Kamis (19/07/2018),” kata Kabid Pariwisata Dispora Kota Banjar, Bambang Supardi, kepada HR Online, Jumat (20/07/2018).

Audisi Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Banjar tahun 2018 dengan jargon “Langensari Nyari” ini, akan diikuti sekitar sebanyak 50 peserta dari dua kategori, yaitu usia remaja (15-17 tahun) dan usia dewasa (18-24 tahun).

Kasi Destinasi Pariwisata dan Pengembangan SDM, Isep Yedi Suparman menambahkan, pada proses audisi nantinya terdapat enam meja penjurian atau wawancara oleh pihak berkompeten dibidangnya.

“Untuk itu tentunya para peserta harus mempersiapkan diri mengikuti audisi dengan kriteria dari sejumlah dewan juri,” ucapnya.

Kriteria tersebut diantaranya tentang pengetahuan pariwisata dan budaya Kota Banjar, kemampuan bahasa baik bahasa inggris dan bahasa daerah, public speaking, pemerintahan, kepribadian serta minat bakat.

Isep menjelaskan, Pasanggiri Mojang Jajaka diadakan, tiada lain bentuk menempa para pemuda-pemudi Kota Banjar untuk mempunyai kemampuan, dan pada akhirnya akan mencetak duta baru pariwisata Kota Banjar yang lebih baik.

“Nantinya mereka akan dipilih sejumlah terbaik untuk mengikuti babak selanjutnya atau dibabak final. Serta yang terbaik nantinya dari dua kategori itu akan mewakili Kota Banjar dalam ajang Mojang Jajaka Jawa Barat 2018,” ucap dia. (Nanks/R5/HR-Online)