DKUMKMP & Dekopinda Banjar Siap Semarakan Harkopnas ke-71

Ilustrasi koperasi. Foto: Ist/net

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Guna memperkuat perkoperasian, khususnya di Kota Banjar yang sedang dilanda praktek rentenir, Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (DKUMKMP) bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Banjar, kini tengah mempersiapkan acara peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-71, yang akan digelar di Taman Kota Banjar, Kamis-Jumat (12-13/07/2018) mendatang.

Dengan mengusung tema “Penguatan Koperasi Mendukung Ekonomi Nasional,” dinas terkait akan melibatkan puluhan pelaku UKM se-Kota Banjar binaan koperasi, untuk memamerkan berbagai produk di stand yang disediakan.

Kepala DKUMKMP Kota Banjar, Saefuddin, mengatakan, memperingati Harkopnas yang ke-71 ini, pihaknya juga mengadakan pameran produk-produk atau kreativitas yang dihasilkan oleh para pelaku UKM binaan koperasi di Kota Banjar.

“Acara akan digelar hingga dua hari kedepan, mulai dari tanggal 12 sampai 13 Juli 2018 besok. Diawali upacara peringatan yang rencananya siap dipimpin langsung oleh Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, di Tamkot Banjar,” terangnya, saat ditemui Koran HR, usai menggelar rapat persiapan bersama puluhan koperasi, pemerintah desa/kelurahan, serta sejumlah SOTK, di Aula DKUMKMP Kota Banjar, Senin (09/07/2018).

Saefuddin menegaskan, pada prinsifnya, peringatan Harkopnas tahun ini yang digelarnya secara semarak bertujuan untuk lebih membangkitkan dan menguatkan lagi perkoperasian di Kota Banjar, juga sebagai ajang untuk mengingatkan warga agar tidak terjerat praktek rentenir.

“Pameran yang akan kita gelar bersama Dekopinda nanti itu, pada hari keduanya juga memberikan kesempatan kepada para pelaku UKM binaan koperasi Kota Banjar, untuk menampilkan kreativitas, kuliner serta inovasinya,” kata Saefuddin.

Hal itu semata-mata dilakukan pihaknya supaya keberadaan koperasi yang ada terus berkembang, sehingga menjadi koperasi yang sehat dan berkualitas dengan UKM yang handal, guna menjadikan ekonomi yang berdikari di Kota Banjar.

Tak terkecuali para stakeholder lainnya untuk tergerak berpartisipasi dan mendukungnya melalui peringatan Harkopnas ini. Dalam acara tersebut, DKUMKMP juga akan menggelar jalan santai.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM DKUMKMP Kota Banjar, Neneng Widya Hastuti, menambahkan, dalam gelaran jalan santai Harkopnas ini akan melibatkan puluhan koperasi, pelaku UMKM, serta stakeholder yang ada di Kota Banjar. Pihaknya pun telah menyiapkan sekitar 3.000 kupon undian dengan berbagai hadiah utama, serta hadiah hiburan dan hadiah menarik lainnya.

“Sekitar 3.000 kupon kami siapkan dengan puluhan doorprize juga disiapkan bagi peserta yang beruntung. Semoga insan koperasi dan warga Banjar lain antusias mengikuti jalan santai pada waktunya nanti,” harapnya.

Pada intinya, kata Neneng, semangat perkoperasian ini harus didukung bersama. Karena dimana pun koperasi akan menjadi wadah untuk mengaktifkan geliat ekonomi masyarakat. (Nanks/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar