Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita CiamisEven GEC Perdana di Ciamis Diapresiasi Kemenpar

Even GEC Perdana di Ciamis Diapresiasi Kemenpar

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Even Galuh Etnic Carnival (GEC) perdana yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Ciamis tahun ini mendapatkan apresiasi dari para seniman dan budayawan yang mengikuti rangkaian acara. Termasuk apresiasi dari Kabid Pemasaran Area I Kementrian Pariwisata, Wawan Gunawan.  

Ketika ditemui awak media, Wawan mengaku takjub dengan budaya, tradisi dan kesenian yang ditampilkan pada even GEC. Menurut dia, Kabupaten Ciamis memiliki kekayaan budaya yang bisa dikompetisikan dengan daerah lain.

“Unsur budaya Ciamis sangat bagus, mempunyai banyak nilai filosofisnya. Perayaan hari jadi ini adalah momentum tepat untuk mengangkat dan memperkenalkan budaya Ciamiskepada masyarakat luas,” katanya.

Menurut Wawan, Kabupaten Ciamis memiliki syarat terbaik untuk mendatangkan wisawatan. Potensi ini harus dioptimalkan lagi pada even GEC tahun-tahun mendatang. Pihaknya juga menilai, GEC merupakan parade seni dan budaya yang besar.    

“Kami yakin, even ini akan terus bekembang,” katanya.

Personil Kesenian Tradsional Reog Ponorogo asal Jawa Timur, Mujiono, ketika dimintai tanggapan, Selasa (17/07/2018), mengaku sangat mengapresiasi even yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Ciamis. 

“Saya senang sekali bisa ikut tampil mengisi even GEC yang digelar dalam rangkaian acara peringatan HUT Kabupaten Ciamis ke 376,” katanya. (Heri/Koran-HR)