Facebook dan Instagram akan Blokir Pengguna Berusia di Bawah 13 Tahun

Akun Facebook dan Instagram. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Facebook dan Instagram akan blokir usia pengguna di bawah 13 tahun. Hal ini sesuai dengan kebijakan Facebook, bahwa usia minimum untuk membuat akun Facebook dan Instagram adalah 13 tahun.

Atas kebijakan tersebut, Facebook dan Instagram akan lebih proaktif membatasi penggunanya, khususnya bagi mereka yang berusia di bawah 13 tahun.

Dilansir Kompas.com, Jum’at (20/07/2018), selama ini ada reviewer atau pengulas akun yang ditugaskan Facebook mengonfirmasi usia pengguna yang baru membuat akun minimal 13 tahun. Tapi aturan ini belum sepenuhnya ditegakkan.

Namun, pada kebijakan operasional yang baru ini, Facebook dengan bantuan para pengulas yang sudah terlatih, benar-benar akan menindak pengguna yang usianya di bawah umur. Jika para reviewer menemukan akun milik anak usia di bawah 13 tahun, maka reviewer berhak mengunci atau memblokir akun tersebut.

Tetapi, kalau akun yang diblokir itu merasa usianya sudah 13 tahun atau lebih tua, maka mereka bisa membuka kembali akunnya, dengan syarat mereka harus menunjukkan kartu identitas resmi sebagai bukti bahwa usia mereka sudah layak memiliki akun Facebook dan Instagram.

Perubahan tersebut dilakukan setelah sebelumnya beredar dokumenter dari kantor berita Inggris, yakni Channel 4 yang berjudul ‘Inside Facebook: Secret of The Social Network.’ Dokumenter ini menceritakan mengenai salah seorang jurnalis Channel 4 yang menyamar dan mengikuti training menjadi reviewer Facebook, melalui pihak ketiga bernama CPL dan bermarkas di Dublin, Irlandia.

Namun, pengulas yang ditugaskan untuk membantu menghapus konten negatif dan bertentangan dengan aturan Facebook, ternyata tidak sepenuhnya menjalankan aturan. Jadi, hal inilah yang menjadi sorotan di sana.

Bahkan, dalam salah satu cuplikannya, seorang moderator menerangkan bahwa reviewer atau pengulas tidak perlu menghapus konten meme bernada rasisme dan kekerasan. Padahal, konten ini bertentangan dengan kebijakan Facebook.

Selain itu, para moderator terlatih juga diinstruksikan untuk mengabaikan mereka pengguna usia di bawah 13 tahun, terkecuali akun tersebut mengakui kalau mereka sudah 13 tahun.

Dalam responnya ke Tech Crunch, juru bicara Facebook mengatakan bahwa, pihaknya akan memperbarui pedoman bagi pelatihan para pengulas untuk menahan akun apa pun yang mereka temui, apabila mereka memiliki indikasi kuat kalau akun tersebut di bawah umur. Atau jika laporan atas akun tersebut untuk hal lain.

Juru bicara Facebook juga menegaskan, pelatihan bagi para pengulas itu tujuannya untuk menegakkan kebijakan usia pengguna Facebook dan Instagram. Dia pun mengatakan, kebijakan batas usia minimal untuk membuat akun Facebook dan Instagram masih tetap sama, yang berubahnya hanya panduan operasional yang diberikan kepada para pengulas. (Eva/R3/HR-Online)