FKB Ciamis; Pemimpin Punya Kompetensi, Negara Lebih Baik

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua Forum Ketahanan Bangsa (FKB), Mohamad Ijudin, menuturkan bahwa politik merupakan upaya menata kehidupan masyarakat bangsa dan negara ke arah yang lebih baik.

“Untuk itu, dalam setiap kontestasi politik, rakyat pemilih harus bisa memastikan pilihannya, bukan hanya memiliki integritas tapi yang lebih penting lagi adalah memiliki kompetensi, kemampuan atau keahlian untuk menata kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Ijudin, beberapa waktu lalu.

Ijudin, memilih pemimpin (eksekutif maupun legislatif) harus melalui pendekatan kualitas individu calon pemimpin. Karena menurutnya, seorang pemimpin (wakil rakyat) wajib hukumnya “Masagi Elmu Ngolah Nagarana”.
“Jangan lagi kita memilih pemimpin berdasarkan pendekatan transaksional, karena selama itu terjadi, wajar jika negara dilanda keterpurukan, karena para pemimpinnya tidak memiliki solusi akibat elmu olah Nagara na teu Masagi,” tandasnya.

Untuk memilih pemimpin, Ijudin mengajak semua kalangan menyempatkan waktu untuk menguji tingkat kemampuan elmu maka.
“Karena jika suatu urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancurannya,” katanya.

Ijudin menambahkan, negara ini akan berubah menjadi lebih baik lebih jika rakyatnya mampu merubah cara memilih pemimpin. Dari semula memilih berdasarkan pendekatan materialistik- transaksional beralih pada pendekatan kualitas dan kompetensi. (Deni/R4/HR-Online)