Hasil Liga 3 Jabar Grup B: Persikoban Banjar Menang Tipis dari Persikotas

Skuat Persikoban Banjar menghadapi Persikotas Tasikmalaya dalam laga terakhir fase penyisihan grup B Liga 3 zona Jabar, di Stadion Sport Center Langensari, Kota Banjar, Sabtu (07/07/2018). Foto : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dua gol pada pertengahan babak kedua pertandingan membawa Persikoban Kota Banjar menang dengan skor tipis 2-1 atas tamunya Persikotas Kota Tasikmalaya, dalam laga terakhir fase penyisihan grup B Liga 3 zona Jabar, di Stadion Sport Center Langensari, Kota Banjar, Sabtu (07/07/2018).

Persikoban Banjar meraih kemenangan ini dengan susah payah. Tim berjuluk Patroman Banjar ini sempat tertinggal pada babak pertama menit terakhir oleh gol pemain lawan. Hingga peluit berakhir babak pertama 0-1 untuk Persikotas.

Selepas jeda, permainan Persikoban Banjar mulai membaik dan lebih agresif. Hasilnya, berawal dari upaya penyerangan prontal, Yogi Suprayogi, dilanggar pemain lawan di area penalti sekitar menit 65. Namun, sayang tendangan penalti yang diambilnya sendiri (Yoi.red), gagal menjadi gol atau mampu ditepis kiper Persikotas.

Dengan daya juang yang tinggi, para pemain Persikoban Banjar terus memborbardir pertahanan Persikotas. Akhirnya, Yogi, memecah kebuntuan lewat golnya sekitar menit 70. Golnya itu, seolah  membayar kesalahannya dengan cerdik menempatkan poisisnya mampu mencohcor bola dari sisi kanan penyerangan atas umpan jauh terukur bek sayap, Beni.

Dengan gol penyeimbang 1-1, para pemain lebih termotivasi lagi untuk meraih kemenangan di laga pamungkanya grup B ini. Sekitar menit 73, tandem Yogi atau penyerang Persikoban lain, Joko, melakukan solo run.

Namun mampu dihadang dengan bersih oleh bek lawan. Begitu pun peluang di depan gawang lawan hasil umpan manis Jajang Jamaludin, melalui tendangan mendatarnya dari sisi sayap kiri tak mampu dimanfaatkan dengan baik Yogi.

Pada menit sekitar 76 gol kemenangan Persikoban tercipta, berawal dijatuhkannya Joko, di area 16 meter titik gawang lawan lawan. Jajang Jamaludin, mengambil tendangan bebas tersebut dan boom.., sepakan kerasnya menghujam jala gawang lawan. Seketika sontak gemuruh sekitar 250 suporter tuan rumah menggema di stadion.

Sepuluh menit terakhir babak kedua, Persikoban balik diserang oleh para pemain Persikotas dan banyak mengancam. Beruntung hingga peluit wasit dibunyikan, kedudukan tetap 2-0 untuk kemenangan Persikoban.

Atas kemenangan di laga terkahir ini, Persikoban hanya puas menduduki peringkat tiga dengan nilai 13 dan peluangnya pupus menjadi wakil grup B ini melaju ke babak 16 besar.

Tim yang lolos ke babak 16 besar di grup ini menjadi milik Persikotas walau kalah 1-2 dari tim tuan rumah, sebab sudah mengantongi nilai 16 dengan jadi peringkat pertama. Kemudian di peringkat kedua ada Persitas nilai 15 yang sebelumnya pada pertandingan pertama hari ini berbagi angka imbang 0-0 dengan Parma FC Majalaya Bandung.

Persikoban Banjar bisa lolos ke 16 besar dengan catatan menjadi tim yang menyandang peringkat ketiga terbaik, dan itu juga harus menunggu hasil akhir di 6 grup lain di zona Jabar.

Setidaknya kemenangan ini disambut suka cita baik pemain, official dan suporter Persikoban. Ratusan suporter tuan rumah sendiri meluapkan kegembiraannya dengan pesta menyalakan sejumlah petasan kembang api. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA