Hebat, Pemdes Karyamukti Banjar Jadi Nominator Lomba Desa Tingkat Provinsi

Tim klarifikasi lapangan lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan langsung ke Desa Karyamukti. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Rombongan tim klarifikasi lapangan lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan langsung ke Desa Karyamukti, Kecataman Pataruman, Kota Banjar yang mana berhasil menjadi salah satu nominator dalam lomba desa tingkat Provinsi Jabar tahun 2018, Sabtu (14/07/2018).

Dalam kesempatan kegiatan tersebut, Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih bersama jajaran SKPD turut hadir, termasuk berbagai elemen jajaran Pemdes Karyamukti serta masyarakat. Sementara itu, kegiatan yang berlangsung di halaman kantor desa tersebut cukup meriah. Pasalnya, rombongan disambut langsung tarian adat penampilan musik tradisional.

Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, mengatakan, sejak Kota Banjar berdiri 15 tahun lalu, banyak sekali perubahan yang saat ini bisa dinikmati masyarakat, termasuk berbagai penghargaan yang diterima Pemkot Banjar. Dengan begitu, Kota Banjar yang memiliki 4 kecamatan ini bisa sejajar dengan kabupaten atau kota lain yang ada di Indonesia.

“Desa Karyamukti merupakan salah desa unggulan Kota Banjar yang mana tidak diragukan lagi prestasinya, terutama dari tahun 2017 dan 2018 seperti juara tingkat provinsi kelompok tani Irmas Jaya, juara pelunasa PBB tingkat Kota Banjar, juara KWT serta juara 1 Kampung KB serta prestasi lainnya,” tutur Hj. Ade Uu dalam sambutan.

Dengan perlombaan tersebut, lanju Hj. Ade Uu, ia harap Desa Karyamukti bisa menyabet juara lomba tingkat desa tahun 2018 ini. Hal tersebut sebagai salah satu motivasi bagi pemerintahan desa untuk terus mengembangkan berbagai potensi yang ada, melakukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Wardana, tim klarifikasi lapangan lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat, mengatakan, lomba desa tersebut merupakan proses penilaian terhadap pemerintah desa yang dilakukan secara bertahap, yakni lomba tingkat kecamatan, tingkat kota sampai tingkat provinsi. Jadi, kata ia, lomba tersebut merupakan proses yang cukup panjang untuk menggali berbagai informasi yang ada di desa demi kemajuan desa yang berhasil menjadi nominasi.

“Kota Banjar memang unik, kota tapi masih ada desanya. Tapi ini jadi satu kekuatan sendiri untuk pengembangan wilayah, apalagi di Kota Banjar hanya ada 4 kecamatan saja. Maka dari itu, dalam kesempatan ini kita akan lebih menggali lebih dalam di Desa Karyamukti terkait pemerintahan, kemasyarakat serta kewilayahan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ajat Sudrajat, Kepala Desa Karyamukti, mengaku bersyukur pemerintahannya mendapatkan amanat menjadi salah satu nominator dalam lomba desa tingkat provinsi. Hal tersebut tentu berkat kerjasama semua elemen yang ada di desa, baik di jajaran pemerintahan maupaun dengan masyarakat.

“Semoga saja nanti bisa menjadi yang terbaik dalam lomba ini. Tentunya ini sesuai hasil penilaian tim juri terhadap kondisi desa kita,” ujarnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA