Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruHentikan Kebiasaan Mencabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya

Hentikan Kebiasaan Mencabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Untuk Anda yang sering atau gemar mencabut bulu hidung, mulai dari sekarang jangan ulangi kebiasaan tersebut.

Meski bulu hidung yang panjang dan mencuat keluar bisa merusak penampilan karena dinilai membuat tidak rapi, namun dampak dari mencabutnya bisa membahayakan diri sendiri.

Selain itu, meski bisa dibilang sepele, akan tetapi bulu hidung mempunyai fungsi yang penting, diantaranya sistem pertahanan serta menjaga benda asing atau kotoran yang masuk ke dalam hidung.

Lantas apa saja bahaya mencabut bulu hidung? Berikut ini ulasannya, yang HR Online rangkum dari Times of India dan berbagai sumber.

# Infeksi serius

Fungsi bulu hidung salah satunya adalah menjaga agar kotoran tidak masuk ke dalam. Nah, apabila bulu hidung dicabut, maka akan membuka folikel rambut. Saat itulah kotoran baik kuman atau partikel lainnya akan masuk ke dalam pori-pori dari rambut yang dicabut. Sehingga dapat mengakibatkan terjadinya infeksi yang serius.

# Segitiga berbahaya

Daerah segitiga berbahaya adalah area wajah yang dimulai dari hidung sampai sudut mulut. Mengapa area segitiga berbahaya jangan ‘diapa-apakan’?, pasalnya, di wilayah tersebut ada pembuluh darah vena yang membantu mengalirkan darah langsung ke otak.

Bulu hidung termasuk ke dalam segitiga berbahaya, dan apabila terjadi infeksi karena mencabut bulu tersebut, maka akan mempunyai risiko virus bisa menyebar dengan cepat, bahkan bisa sampai ke pusat sistem saraf.

# Bisa mematikan

Virus yang menyebar dengan cepat, bahkan bisa sampai ke pusat sistem saraf dinamai thrombosis sinus cavernosus, yaitu kondisi menggumpalnya darah yang menyumbat pembuluh darah dalam otak serta di belakang soket mata.

Memang infeksi seperti itu jarang terjadi, akan tetapi untuk yang sistem imumnya sedang lemah, besar kemungkinan akan terjadi. Dan apabila dibiarkan saja, maka infeksi tersebut akan mengakibatkan buta, lumpuh dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Untuk itu, sebaiknya mulai dari sekarang Anda jangan coba-coba mencabut bulu hidung yang juga termasuk dalam daerah segitiga berbahaya. Apabila ingin merapihkan bulu hidung yang mencuat keluar, bisa dengan mencukur menggunakan gunting, atau alat trimmer. (Adi/R5/HR-Online)