Hilangkan Kesan Kumuh, di Terminal Ciamis Ada Lukisan Dindang untuk Spot Foto Selfi

Dinas Perhubungan Ciamis yang bekerjasama dengan Komunitas Seni Lukis Galuh, melakukan penataan di area terminal Ciamis dengan cara melukis beberapa sudut dinding dengan gambar tiga dimensi. Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Untuk menghilangkan kesan kumuh, Dinas Perhubungan Ciamis yang bekerjasama dengan Komunitas Seni Lukis Galuh, melakukan penataan di area terminal Ciamis dengan cara melukis beberapa sudut dinding dengan gambar tiga dimensi. Langkah ini dilakukan untuk menarik minat masyarakat datang ke terminal Ciamis. Karena gambar-gambar lukisan tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga yang gemar berfoto selfi dengan menggunakan kamera handphone.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Eddy Yulianto, mengaku ide lukisan dinding itu merupakan masukan dari kelompok mahasiswa. Saat itu, kata dia, kelompok mahasiswa menyarankan agar dibuat lukisan dinding yang berfungsi untuk menambah keindahan dan bisa digunakan sebagai spot berfoto selfi.

“Kami pikir masukan itu ada baiknya. Daripada sudut dinding terminal terlihat kumuh, tidak ada salahnya untuk dilukis. Setelah itu, kami bekerjasama dengan komunitas seni lukis Galuh untuk merealisasikan ide tersebut. Kami memberikan sarana kepada komunitas seni di Ciamis untuk mengekspresikan bakatnya. Kami hanya menyediakan catnya saja,” katanya, Senin (09/07/2018).

Edi menambahkan, meski baru beberapa sudut dinding yang dilukis, namun sudah mengurangi kesan kumuh. Apalagi kalau ditambah lukisannnya di beberapa sudut lagi. “Ya kedepan akan terus tambah lagi lukisannya. Memang kondisi bangunan terminal Ciamis ini sudah lama belum mendapat penataan. Jadi terlihat seperti kumuh. Dengan adanya lukisan ini kami berharap bisa menghilangkan kesan kumuhnya,” ujarnya.

Menurut Edi, setelah adanya lukisan tersebut, tak sedikit calon penumpang yang menggunakan lukisan dinding itu sebagai spot untuk berfoto selfi. “Dengan adanya lukisan dinding ini bisa digunakan oleh calon penumpang sebagai sarana hiburan sembari menunggu angkutan yang ditunggu datang ke terminal,”katanya.

Edi juga menghimbau kepada masyarakat agar ikut menjaga kebersihan dan keindahan Terminal Ciamis. Jangan sampai terminal Ciamis malah dikotori oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, Otong, salah seorang sopir angkutan, mengapresiasi adanya lukisan-lukisan dinding yang dibuat di sudut-sudut Terminal Ciamis. Dia berharap dengan adanya lukisan itu penumpang yang datang ke terminal Ciamis bisa bertambah banyak.

“Kami sih senang. Kalau bisa, jangan hanya dilukis saja, tetapi bangunan terminal mestinya direhab agar lebih terlihat bagus. Sudah lama bangunan Ciamis belum dilakukan renovasi,” ujarnya. (Her2/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA