Ini Tujuan Kwarcab Pramuka Pangandaran Adakan Pandu Belantara

Kegiatan Pandu Belantara yang diikuti oleh pramuka penegak dan pandega yang ada di seluruh Kabupaten Pangandaran. Foto : Aceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pangandaran mengadakan kegiatan Pandu Belantara. Kegiatan dengan tema “Scout For the State” ini diikuti oleh pramuka penegak dan pandega yang ada di seluruh Kabupaten Pangandaran.

Ketua Dewan Kerja Cabang Pangandaran, Rukman Arifin kepada HR Online menjelaskan, Pandu Belantara sendiri berarti pramuka yang mendukung dan membela nusantara.

“Dengan begitu diharapkan pramuka memiliki kemampuan untuk mempertahankan negara dengan cara meningkatkan rasa nasionalisne, patriotisme, menanamkan kecintaan terhadap tanah air,” jelasnya, Jum’at (27/7/2018).

Selain itu, lanjutnya, pramuka penegak dan pandega yang ada di seluruh Kabupaten Pangandaran diharapkan ikut serta berperan aktif dalam memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan menjungjung tinggi nilai-nilai Pancasila, Undang- Undang Dasar 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

Rukman mengatakan, ada empat tahapan untuk menempuh Pandu Belantara, diantaranya Life Skill Camp, Youth Leadership Development Camp, Scout rescue training Camp dan Scout enterpreneur Clinic.

“Tujuannya adalah meningkatkan kecintaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menambah wawasan dan pengetahuan tentang kecakapan hidup, meningkatkan rasa persaudaraan antara pramuka penegak dan pandega, meningkatkan rasa kecintaan terhadap tanah air serta menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme,” jelasnya. (Aceng/R5/HR-Online)

Aegis Boost Pro