Inilah Kebiasaan yang Bisa Mempengaruhi Kualitas Sperma

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Tidak suburnya pria umumnya dipengaruhi oleh buruknya kualitas sperma. Sementara faktor yang mempengaruhi sperma yang buruk bisa diakibatkan karena kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari.

Lantas apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ini ulasannya yang HR Online rangkum dari lamanĀ Health dan vemale.com.

# Rajin Mandi Air Panas

Urolog dari Amerika Serikat, Paul Shin, menjelaskan bahwa apabila organ intim milik pria terkena paparan suhu panas, maka hal itu bisa berakibat pada kualitas sperma, seperti jika mandi menggunakan air panas. Untuk itu mulai dari sekarang kurangi aktivitas mandi memakai air panas.

Selain itu, pria yang sering berendam air panas minimal 30 menit, ternyata dapat menurunkan kualitas sperma dengan cepat.

# Memangku laptop

Sebuah studi yang dilakukan oleh State University of New York, mengungkapkan bahwa memangku laptop dapat menaikkan suhu skrotum sampai 35 derajat Celcius.

Diyakini oleh para para peneliti tersebut, meningkatnya suhu skrotum bisa berdampak buruk terhadap kualitas sperma. Bukan hanya pada pria, memangku laptop juga bisa mempengaruhi kesuburuan terhadap wanita.

# Memakai celana dalam yang ketat

Memakai celana dalam terlalu ketat ternyata bisa berdampak buruk pada kualitas dan kuantitas sperma. Hal itu dikatakan Dr Danzer, spesialis kesuburan dari Los Angeles, Amerika Serikat.

Untuk itu, dia menyarankan agar para laki-laki mengenakan celana dalam yang pas dan jangan terlalu ketat. Tidak hanya pria, perempuan pun sama dalam memilih celana dalam, dan disarankan jangan memakai celana dalam yang ketat.

# Minum alkohol dan narkoba

Kebiasaan mengonsumsi alkohol serta narkoba bukan hanya buruk untuk kesehatan saja, melainkan juga sangat buruk terhadap kualitas sperma. Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk pria saja, kesuburan wanita juga bisa terpengaruhi.

# Olahraga Terlalu Berat

Olahraga memang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, apabila dilakukannya terlalu berat, justru akan mempengaruhi kualitas sperma menjadi tidak bagus.

Diungkapkan para peneliti, bahwa melakukan olahraga dengan insensitas yang padat dan berat dapat membuat suhu tubuh menjadi meningkat. Sehingga, hal itu bisa berpengaruh terhadap kualitas sperma yang menjadi menurun dibanding sebelumnya.

Untuk itu, disarankan supaya berolahraga yang wajar-wajar saja, agar tubuh tetap sehat dan kualitas sperma tetap baik. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA