Jangan Diinstal! 5 Aplikasi Ini Berbahaya untuk Smartphone

Ada aplikasi berbahaya di Google Play Store yang jangan sampai kamu install. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Ada 5 aplikasi berbahaya untuk smartphone Android dan tidak boleh diinstall. Seperti telah diketahui secara umum, Google Play Store menjadi wadah download resmi berbagai aplikasi Smartphone Android.

Melalui Google Play Store, smartphone kamu akan lebih aman dibanding harus mendownload aplikasi ilegal di website sembarangan. Sebab, banyak aplikasi menarik yang beredar tapi ternyata berdampak buruk pada smartphone.

Saat ini anyak aplikasi yang beredar, namun diantaranya ada beberapa jenis aplikasi yang berbahaya dan disarankan untuk dihapus. Hal itu karena bisa saja aplikasi tersebut akan mengancam keamanan privasi kamu.

Berikut 5 aplikasi ini berbahaya untuk smartphone yang tidak boleh kamu install;

Aplikasi Penghemat RAM

Aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone akan memakan kapasitas RAM. Banyak orang menginstall aplikasi penghemat RAM yang katanya bisa memperlancar kinerja smartphone. Tapi yang terjadi malah membuat masalah lebih parah lantaran proses penutupan paksa yang dilakukan aplikasi tersebut.

Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai banyak tersedia di Google Play Store yang diklaim berfungsi untuk menghemat baterai smartphone. Tapi ternyata hal itu hanya akan membuat baterai smartphone malah cepat habis, karena aplikasi tersebut bakal terus berjalan di latar belakang.

Aplikasi Cuaca

Aplikasi ini berbahaya untuk Smartphone Android walau memang sangat bermanfaat guna mengetahui cuaca yang ada di sekitar lokasi kamu berada. Namun, ada hal yang perlu kamu ketahui kalau ternyata aplikasi cuaca akan melacak lokasi kamu, sehingga bisa memberikan informasi yang akurat. Jadi, alangkah baiknya kamu menggunakan Google Assistant agar data kamu aman dan tidak terlacak.

Aplikasi Pinjaman Uang

Aplikasi pinjaman uang termasuk aplikasi berbahaya yang tidak boleh diinstal karena bisa membaca kontak dan melacak aktivitas kamu pada smartphone. Kamu harus hati-hati kalau mau menginstall aplikasi ini, baik dari Google Play Store maupun melalui website ilegal.

Aplikasi Kuis Online

Kuis online dapat melacak data penggunanya. Kasus pencurian data yang diakibatkan oleh kuis tersebut menimpa salah satu media sosial. Bahkan, kasus ini sempat viral dan jadi perbincangan hangat netizen di seluruh dunia. Jadi lebih baik jangan menggunakan aplikasi ini ya guys!

Itulah aplikasi berbahaya yang sebaiknya jangan kamu install agar data smartphone kamu aman dan tidak terlacak oleh permainan hacker. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...