Kawasan Sport Center Langensari Banjar Minim Tempat Sampah

Fasilitas umum berupa tong sampah di kawasan Sport Center Langensari, Kota Banjar, masih minim. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kawasan Sport Center Langensari sebagai pusat kegiatan olahraga dan sering digunakan untuk lokasi hiburan pentas musik di Kota Banjar. Bahkan, setiap hari libur areal tersebut juga ramai pengunjung untuk sekedar melakukan jogging. Namun sayangnya, fasilitas umum di kawasan tersebut masih kurang memadai, seperti tong sampah yang masim minim.

Kondisi ini membuat para pengunjung kesulitan saat akan membuang sampah. Akhirnya jalan pintas pun dilakukan, yakni membuang sampah sembarangan. Minimnya tempat sampah ini disesalkan seorang pengunjung ketika mengantar anaknya berolahraga di kawasan SC.

“Memang di sekeliling areal SC ini sangat kurang tempat sampah. Jadi perlu ditambah lagi,” ujarnya, yang menolak namanya dikorankan, Minggu (22/07/2018).

Menurut dia, mestinya kawasan olahraga terbesar di Kota Banjar ini jangan melupakan fasilitas umum yang memadai, salah satunya ketersediaan tong sampah. Jika seperti ini, tentu akan menimbulkan kesan kurang baik. Padahal, areal SC sangat diminati pengunjung.

“Seharusnya pemerintah daerah yang menyiapkan dan menyediakan tong sampah, atau pengelola SC sendiri meminta difasilitasi pengadaannya ke Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Banjar,” katanya.

Minimal setiap 20 meter pada sekeliling jalan areal SC dipasang tong sampah, termasuk di depan sejumlah GOR yang tersedia di area SC. Sehingga, pengunjung bisa membuang sampah pada tempatnya.

Terkait dengan hal itu, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjar, Ajat Sudrajat, mengakui bahwa memang ketersediaan tempat sampah di sepanjang kawasan SC masih minim. Sehingg, warga atau pengunjung kerap membuang sampah seenaknya.

“Bukannya kami tidak memperhatikan kebutuhan tong sampah di areal SC ini, namun untuk pengaadaan langsung bak sampah, kami tak mungkin bisa. Kami juga sudah coba minta pengadaan ke Dinas Kebersihan dan LH, tapi sampai saat ini belum juga terakomodir,” terangnya.

Yang jelas, kata Ajat, penambahan kebutuhan tempat sampah sudah direncanakan pihaknya, demi menjaga kebersihan. Karena, keberadaan SC kini semakin ramai pengunjung dan menjadi icon Kota Banjar.

Hingga berita ini diturunkan, HR belum bisa mengkonfirmasi Dinas Kebersihan dan Lingkungah Hidup Kota Banjar. (Nanks/Koran HR)