Kembangkan Kualitas Mahasiswa, Prodi Sejarah FKIP Unigal Ciamis Hadirkan Dosen Pakar

Kuliah umum program studi sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka meningkatkan keilmuan para mahasiswa dan mengembangkan sikap kebangsaan, program studi sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis menggelar kuliah umum dengan mengusung tema Pendidikan Sejarah dalam Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jum’at (06/07/2018).

Sri Fajriah, Ketua Prodi Pendidikan Sejarah, mengatakan, kegiatan kuliah umum tersebut merupakan bentuk pelayanan pihaknya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dengan menghadirkan dosen pakar/ ahli di bidang sejarah.

“Sesuai profil kami yang mana menghasilkan lulusan pendidik di bidang sejarah, maka sangat perlu menghadirkan ahli sejarah. Dengan begitu, para pengetahuan mahasiswa semakin bertambah,” katanya kepada HR Online.

Ahli sejarah yang dihadirkan tersebut, lanjut Sri, adalah Prof.Dr.H. Said Hamid Hasan, MA yang merupakan Guru Besar Pendidikan Sejarah UPI di Bidang Keilmuan Penelitian, evaluasi dan kurikulum, bahkan sebagai Ketua Tim Pengembang Kurikulum 2013.

Dalam kesempatan itu, Prof. Said, mengatakan, bahwa pendidikan sejarah harus diajarkan dengan bentuk yang lebih baru dan terarah. Artinya, pendidikan sejarah bukan hanya sebatas produk yang hanya memanfaatkan fakta sejarah sebagai materi utama, akan tetapi harus diberikan pemahaman kepada anak didik untuk menggali makna dari sebuah peristiwa ataupun tokoh dalam sejarah.

“Kita bukan hanya menggali nilai-nilai yang istimewa dalam mengetahui sejarah, tetapi juga  bisa memberikan kearifan yang merupakan pembentuk karakter bangsa yang mana sangat efektif, apalagi Indonesia diakui sebagi negara yang kaya akan budaya dan tradisi yang sejatinya tersimpan banyak nilai-nilai moral yang bisa mengangkat jati diri bangsa,” pungkasnya. (Heri/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA