Langkah-langkah Membersihkan Laptop yang Benar

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Selain ponsel, barang gadget lainnya yaitu laptop juga sering dipakai dalam sehari-hari.

Sehingga tidak laptop yang sering digunakan setiap hari ini akan mudah kotor serta berdebu. Apalagi yang memakainya jorok serta sering merokok. Padahal, barang gadget seperti laptop ini harus jauh dari debu atau kotoran lainnya, agar tidak mudah rusak.

Untuk itulah diperlukan perawatan yang rutin, supaya nyaman dalam memakainya dan lebih awet atau tidak gampang rusak.

Berikut ini langkah-langkah membersihkan laptop yang benar, seperti HR Online rangkum dari The New York Times.

# Siapkan alat dan bahan pembersih

Sebelum membersihkan laptop dari dalam serta luar, siap terlebih dulu bahan dan alat pembersihnya. Diantaranya alat untuk meniup debu, kain microfiber, kapas, serta alkohol.

Namun apabila kotoran yang ada di laptop itu sulit dibersihkan, bisa juga disiapkan spons melamin. Akan tetapi, karena spons melamin itu bentuknya kasar tidak sehalus kain microfiber, maka dalam menggunakannya harus hati-hati agar tidak merusak komponen atau lainnya.

Meski barang elektronik sangat anti air, namun jika menggunakan alkohol 90% isopropyl akan aman-aman saja.

# Bersihkan dalam terlebih dulu

Sebelum membersihkan dalamnya, diwajibkan laptop dalam keadaan mati. Lalu copot semua kabel yang menempel dan juga baterai. Hal itu dikarenakan agar tidak akan terjadi konsleting atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika bisa membongkar dan memasangnya kembali laptop, alangkah baiknya laptop dibongkar. Agar kipas atau pendingin dan komponen yang ada di dalam bisa dibersihkan.

Namun apabila tidak bisa bongkar-pasang, maka jangan sekali-kali mencobanya, karena ditakutkan malah laptop menjadi rusak.

Untuk membersihkan kotoran yang nempel di sela-sela keyboard, port USB atau lubang kipas pendingin, pakai alat peniup debu.

# Bersihkan bagian luar

Untuk membersihkan bagian luar laptop pakai kain microfiber yang sudah diberi atau dituangkan alkohol. Namun sebelumnya peras kain tersebut agar cairan alkoholnya tidak menetes.

Sedangkan untuk membersihkan luar keyboard bisa memakai kapas pembersih yang sudah di tetesi alkohol.

Nah untuk spons melamin sendiri fungsinya untuk menghilangkan noda yang sangat sulit dibersihkan. Caranya, gosok di bagian noda tersebut namun dengan pelan-pelan supaya cat bodi laptop tidak rusak.

Bagian tersulit yaitu saat membersihkan bekas sidik jari yang menempel di keyboard. Untuk menghilangkannya pakai kain microfiber yang kering. Atau jika membandel, kain tersebut bisa diberi air sedikit.

Sementara untuk membersihkan layar laptop pakai kain halus namun jangan diberi sabun pembersih yang ada bahan kimianya, karena dikhawatirkan layar laptop malah akan menjadi rusak. (Adi/R5/HR-Online)