Layak Jadi Destinasi Wisata, Situ Cisamping Perlu Dikelola Pemkab Pangandaran

Lokasi Situ Cisamping yang berada di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Dokumen HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pengelolaan Situ Cisamping yang berada di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran didorong untuk dikelola Pemkab Pangandaran. Pasalnya, akses menuju lokasi tersebut sangat mudah dijangkau ketika berwisata ke wilayah Batukaras.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Budaya Pangandaran, Dudung Cahyadi, mengatakan, selain akses transportasi yang sudah sangat mendukung pengelolaan Situ Cisamping, dengan pengelolaan lebih lanjut oleh Pemkab Pangandaran juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat maupun menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Para pemuda sebagai pengelola Situ Cisamping sudah siap, bahkan sudah sampai 80 persen memenuhi kriteria objek wisata. Di samping danau situ itu juga bisa dijadikan tempat atraksi wisata,” katanya kepada HR Online, Senin (09/07/2018).

Dudung menambahkan, layaknya Situ Cisamping dikelola oleh Pemkab juga dilatarbelakangi lokasi tersebut sudah mendapatkan suntikan dana yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Pariwisata dua tahun berjalan yang mencapai angka sekitar Rp. 3 miliar.

Sementara itu, lokasinya yang berada di tanah desa, Dudung berharap Situ Cisamping dibuatkan MoU untuk dijadikan destinasi wisata.

“Tinggal kesepakatannya desa atau Pemda yang mau mengelola situ itu. Terpenting, pengelolaan Situ Cisamping ini dapat meningkatkan PAD ketika dikelola menjadi destinasi wisata,” imbuhnya.  (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA