Mandi dengan Air Dingin Bermanfaat Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Mandi air dingin. Photo: Net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Air dengan suhu dingin sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Michelle, MD., dermatolog asal New York, menjelaskan, mandi menggunakan air dingin bisa meningkatkan aktivitas otak, sekaligus mengurangi depresi dan stress.

Sementara itu, studi di Belanda membuktikan bahwa orang yang mandi dengan air dingin selama 30 detik dalam sehari setidaknya punya 29 persen kans terhindar sakit.

Selain itu, menurut dermatolog, Kavita Mariwalla, MD., bahwa manfaat mandi dengan air dingin juga akan semakin maksimal jika sebelumnya kita berolahraga. Karena, ketika berolahraga, pembuluh darah melebar serta panas tubuh memancar melalui kulit. Bila dilanjutkan mandi dengan air dingin, maka akan mengerutkan pembuluh darah sehingga aliran darah tetap lancar.

Sedangkan, dari sisi kecantikan, mandi menggunakan air dingin membuat kulit lebih segar dan muda, lantaran air dingin akan mengecilkan pori-pori dan menjaga kelembaban kulit.

Kavita menyarankan, mandi air dingin tidak boleh lebih dari 15 menit. Sebab kalau terlalu lama disiram air dingin, jari dan ibu jari kaki bisa-bisa menjadi biru, atau kondisi ini biasa disebut sindrom Raynaud. Mandi dengan air dingin setelah beraktivitas di tempat dingin juga sangat tidak disarankan.

Mandi menggunakan air dingin bukanlah sesuatu yang baru. Saat cuaca sedang panas-panasnya, kemudian kita mandi dengan air dingin, rasa segarnya seperti mendapat energi baru. Dengan mengetahui fakta ini, mungkin akan membuat Anda jadi lebih suka mandi. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...