Manfaat Rajin Olahraga Lari yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Olahraga yang paling digemari adalah lari. Selain tidak mengeluarkan biaya yang besar dan tampat yang khusus, lari juga banyak manfaatnya.

Apa saja manfaatnya? Berikut ini ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Menguatkan tulang serta sendi

Dari studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Boston, Amerika Serikat, rutin melakukan olahraga lari ternyata bisa menguatkan tulang serta perbaiki sendi. Jadi dengan rajin lari tulang tidak mudah keropos.

# Langsing

Berolahraga secara rutin dan teratur bisa membakar kalori di dalam tubuh. Bisa dibayangkan jika rajin melakukan olahraga lari, maka tubuh akan langsing dan ringan.  

# Menyehatkan Jantung

Selain manfaat di atas, lari juga dapat menyehatkan jantung. Hal itu dikarenakan elastisitas arteri di jantung meningkat serta tekanan darah akan turun. Dengan dua hal tersebut, maka akan meredamkan risiko terkena penyakit jantung.

# Membantu kerja otak lebih baik

Dengan lari maka aliran darah akan meningkat. Sehingga suplai oksigen serta nutrisi yang menuju otak akan mengalir dengan baik. Dampaknya, produktivitas akan meningkat, tidak mudah lupa.

Selain itu, lari juga akan membuat Anda semakin bahagia. Pasalnya, dengan melakukan olahraga lari, maka tubuh akan dirangsang untuk menghasilkan hormon endorfin, yang fungsinya membuat tubuh santai serta memberikan suasana hati yang riang dan bahagia.

#Mengoptimalkan kinerja organ tubuh

Lari menggerakkan sebagian tubuh. Saat bergerak itulah akan terjalin koordinasi antara saraf, otak, indera serta beberapa bagian tubuh. Jika Anda rajin olahraga lari, maka koordinasi antar bagian tubuh tersebut akan terjalin dengan baik, sehingga bisa mengoptomalkan kinerja organ tubuh. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...