Pasca KPU Tetapkan Pemenang Pilkada Ciamis, Herdiat dan Yana Temui Iing

Bupati-Wakil Bupati Ciamis terpilih periode 2019-2024, Herdiat Sunarya- Yana D. Putra, saat menemui Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, di Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (26/07/2018). Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati-Wakil Bupati Ciamis terpilih periode 2019-2024, Herdiat Sunarya- Yana D. Putra, bertandang ke Pendopo untuk menemui Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, Kamis (26/07/2018). Herdiat dan Yana sengaja menemui Iing untuk bersilaturahmi serta menegaskan kepada publik bahwa tidak ada perselisihan di antara kedua belah pihak meski sempat bersaing pada perhelatan Pilkada Ciamis.

Seperti diketahui, Pilkada Ciamis diikuti oleh dua pasangan calon bupati-wakil bupati, yakni pasangan Herdiat-Yana D. Putra (penantang) dan pasangan Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin (incumbent). Hasilnya, perolehan suara pasangan Herdiat-Yana D. Putra unggul dibanding pesaingnya, dan kemenangannya sudah ditetapkan melalui rapat pleno KPU Kabupaten Ciamis, Rabu (25/07/2018).

Usai melakukan silaturahmi, Herdiat, mengatakan, selama proses Pilkada yang penuh persaingan, tentunya tidak akan lepas dari dinamika politik, salah satunya terjadi gesekan antar pendukung. Namun begitu, tambah dia, ketika proses Pilkada berakhir, sudah seharusnya kedua belah pihak saling memaafkan dan melupakan kejadian selama proses Pilkada.

“Beliau sebagai orangtua sudah sepantasnya kami temui. Kedatangan kami ke sini untuk untuk minta maaf, apabila ada kesalahan dan kehilapan selama proses Pilkada. Yang pasti, pertemuan ini lebih kepada suasana kekeluargaan,” ujarnya.

Menurut Herdiat, sosok Iing merupakan seorang negarawan sejati, sehingga sudah sepantasnya dihormati. Dia pun berjanji akan melanjutkan program pemerintahan Iing-Oih yang sudah baik. Selain itu, Herdiat pun merupakan mantan Sekda Ciamis, yang pernah bersama-sama dengan Iing-Oih menjalankan roda pemerintahan.

“Saat menjabat Sekda, saya bersama-sama dengan Pak Iing dan Pak Oih merancang dan menjalankan progam pembangunan. Dengan begitu, tinggal melanjutkan program-program yang sudah dirasakan baik dan menyempurnakan program yang belum tuntas. Kalau bongkar-bongkar program, kapan Ciamis akan membangun,” katanya.

Sementara itu, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin, usai menerima silaturahmi Herdiat-Yana, mengatakan, Pilkada Ciamis selesai, hal itu ditandai dengan penetapan Bupati-Wakil Bupati terpilih yang sudah disampaikan KPU Ciamis.

“Kami mengucapkan selamat kepada Pak Herdiat dan Pak Yana untuk memimpin Ciamis 5 tahun kedepan. Silaturahmi saya dengan Pak Herdiat dan Pak Yana pastinya terus berjalan, tidak hanya saat ini saja,” kata Iing.

Iing menambahkan, pelantikan Herdiat-Yana sekitar satu tahun lagi atau pada bulan Juni 2019. Namun begitu, Iing akan sering berkoordinasi dengan Herdiat-Yana agar nanti setelah dilantik tinggal menjalankan roda pemerintahan tanpa harus melakukan persiapan terlebih dahulu.

“Tapi istilahnya ini bukan pemerintahan transisi. Hanya memberikan ruang saja, agar Pak Herdiat dan Pak Yana bisa mempersiapkan sambil menunggu pelantikan. Dengan begitu, ketika dilantik nanti tinggal jalan. Intinya ini untuk kebaikan pembangunan Ciamis agar berkesinambungan,” ungkapnya. (Her2/R2/HR-Online)

Loading...