Pemenang Pilwalkot Banjar Belum Ditetapkan, KPU Tunggu MK Akhiri Register PHP

Calon Walikota- Wakil Walikota Banjar Nomor urut 1 Ade Uu- Nana Suryana (Asih Saenyana) dan Calon Walikota- Wakil Walikota Banjar nomor urut 2 Maman Suryaman-Irma Bastamam. Foto: Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat,com),-Pasca dilaksanakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjar, yang berlangsung pada Rabu (27/06/2018) lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, hingga saat ini belum menetapkan pemenang dalam perhelatan Pilkada Kota Banjar.

Berdasarkan pasal 54 dalam PKPU Nomor 9 disebutkan, bahwa penetapan paslon terpilih oleh KPU kabupaten/kota dilaksanakan tiga hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengakhiri register perkara Perselisihan Hasil Pemilu (PHP).

Divisi Hukum KPU Kota Banjar, Sofian Munawar, mengatakan, tahapan penetapan pemenang Pilkada Kota Banjar 2018 akan dilaksanakan setelah tanggal 23 Juli 2018, yang mana kepaniteraan MK meregistrasi semua permohonan PHP ke dalam buku register PHP, terkait PHP.

“Nanti MK akan menyerahkan surat ke KPU terkait permohonan PHP yang diajukan. Setelah tidak ada berkas perkara yang masuk dalam buku register, maka KPU baru bisa menetapkan pasangan calon terpilih. Mengacu Peraturan Mahkamah Konstitusi atau PMK, nanti penutupan registrasi perkara pada 23 Juli 2018,” jelasnya, kepada Koran HR, Selasa (10/07/2018).

Jika nanti dinyatakan tidak ada masalah, imbuh Sofian, maka MK akan menyerahkan surat melalui KPU RI, dan selanjutnya KPU Kota Banjar melakukan tahapan penetapan melalui pleno yang diprediksi akan dilaksanakan pada tanggal 24 atau 25 Juli 2018. (Muhafid/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar