Peringati HLUN ke 22, Puskesmas Pamarican Ciamis Ramah Lansia

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pamarican, Kabupaten Ciamis, menggelar kegiatan peringatan puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 22, di halaman Kantor Puskesmas, Selasa (22/07/2018). Foto : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pamarican, Kabupaten Ciamis, menggelar kegiatan peringatan puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 22, di halaman Kantor Puskesmas, Selasa (22/07/2018).

Kepala UPTD Puskesmas Pamarican, Tata Sudinta, ketika ditemui Koran HR, Selasa (24/07/2018), membenarkan kegiatan peringatan HLUN ke 22 yang mengusung tema “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia” dengan subtema “Lansia Sehat Mandiri Diwujudkan dari Keluarga Sehat”.

“Penyelenggaraan kegiatan memiliki sejumlah tujuan, diantaranya sebagai ajang silaturahmi, penghormatan dan penghargaan, penambah pengetahuan dan wawasan pencegahan penyakit, serta mewujudkan Lansia tangguh melalui bina keluarga Lansia, sekaligus menyosialisasikan dimensi lingkungan untuk mendukung terwujudnya Puskesmas Ramah Lansia,” katanya.

Tata menjelaskan, Puskesmas adalah pembina dan pelaksana program Lansia yang menjalin koordinasi dengan kecamatan dan desa. Komunikasi dan pertukaran informasi dapat dilakukan baik melalui pertemuan formal, maupun melalui komunikasi informal.

“Salah satu permasalahan yang sangat mendasar pada Lansia adalah masalah kesehatan akibat proses degeneratif. Hal ini ditunjukkan oleh data pola penyakit pada Lansia,” katanya.

Berdasarkan riset kesehatan dasar (riskesdas) tahun 2013, Tata mengungkapkan, penyakit terbanyak pada Lansia adalah penyakit tidak menular. Diantaranya seperti hipertensi, osteo arthritis, masalah gigi mulut, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan diabetes melitus (DM).

“Masalah lain bagi para lansia adalah pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu perlu dikembangkan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan upaya peningkatan, pencegahan dan pemeliharaan kesehatan, di samping upaya penyembuhan dan pemulihan,” paparnya.

Adang Supriatna (67), ketika ditemui Koran HR, Selasa (24/07/2018), mengatakan, kegiatan HLUN tersebut merupakan kali pertama didigelar di Pamarican. Pihaknya mengaku terharu atas pelayanan yang diberikan oleh UPTD Puskesmas Pamarican.

“Secara pribadi saya merasa terharu dengan adanya kegiatan ini. Kegiatan ini benar-benar menyentuh nurani kami, dimana di masa Lansia seperti yang saya rasakan benar-benar yang jadi permasalahan adalah kesehatan. Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut sehingga para lansia tidak lagi khawatir dengan pelayanan kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Camat Pamarican, Yogi Ginanjar, ketika ditemui Koran HR, Selasa (24/07/2018), sangat mengapresiasi kegiatan HLUN ke 22 yang digelar UPTD Puskesmas Pamarican.

“Kami berharap, pelayanan dan pendampingan kesehatan terhadap lansia bisa lebih dioptimalkan lagi, terutama di seluruh desa,” katanya.

Dari pantauan Koran HR, Camat Pamarican didampingi Kepala UPTD Puskesmas Pamarican membuka langsung kegiatan HLUN ke 22 dengan pemotongan tumpeng serta melepaskan balon ke udara. Sementara para lansia dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan lomba senam. (Suherman/Koran-HR)

Aegis Boost Pro