(Pilkada Ciamis) Iing-Oih Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Herdiat-Yana

Pasangan Calon Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis belum menggelar pleno penetapan rekapitulasi perolehan suara Pilkada Ciamis, namun pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin, sudah mengakui kekalahan dan mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Herdiat-Yana D Putra. Pengakuan itu didasari dari hasil real count KPU yang datanya sudah hampir 100 persen (98 persen), dan menunjukan paslon Herdiat-Yana D Putra unggul dengan persentese 59.16 persen.

“Setelah mencermati hasil penghitungan KPU serta laporan dari hasil pleno PPK di setiap kecamatan, kini sudah bisa diketahui hasilnya. Tinggal menunggu penetapan pleno KPU saja. Karena itu, kami mengucapkan selamat kepada paslon Herdiat-Yana yang telah memenangi Pilkada Ciamis,”ujar Iing yang didampingi Oih Burhanudin, kepada sejumlah awak media, Senin (02/07/2018).

Dalam kesempatan itu, Iing juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, penyelenggara pemilu dan berbagai pihak yang sudah ikut menyukseskan perhelatan Pilkada Ciamis yang berjalan kondusif. Selain itu, dia juga menyatakan bersyukur angka partisipasi masyarakat pada Pilkada Ciamis kali ini mengalami peningkatan.

“Alhamdulilah, sampai hari Senin (02/07/2018) ini atau beberapa hari setelah pelaksanaan Pilkada, situasi Ciamis tetap kondusif. Hal ini tentunya patut kita syukuri bersama,” katanya.

Iing juga meminta semua pihak bisa menahan diri dan menjaga situasi serta kondisi di Ciamis agar bisa tetap kondusif. “Sebagai Bupati, tentunya saya bertanggungjawab terhadap kondusifitas Ciamis. Namun, sejauh ini situasi Ciamis sangat kondusif. Karenanya, kami minta situasi kondusif ini terus dijaga oleh semua pihak,” ujarnya.

Sementara terkait sejumlah dugaan pelanggaran Pilkada yang kini tengah ditangani Panwaslu, Iing mengatakan, hal itu merupakan ranah pihak berwenang. Pihaknya, tambah dia, tidak akan melakukan intervensi dan akan menghormati seluruh proses yang kini sedang berjalan. “Kalau ada temuan atau laporan masuk ke pihak berwenang dan kini sedang diproses, itu silahkan saja. Siapapun tidak bisa intervensi. Biarkan saja pihak berwenang menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik,”ungkapnya.

Di tempat yang sama, Juru Bicara Tim Pemenangan pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin, Undang Sudrajat, mengapresiasi atas kebesaran hati Iing Syam Arifin yang telah mengakui kemenangan lawannya di Pilkada Ciamis. “Pak Iing telah berjiwa besar dengan lapang dada mengakui dan bahkan menyampaikan selamat kepada Pak Herdiat dan Pak Yana. Kami sebagai pendukungnya sangat mengapresiasi jiwa negarawan beliau,” katanya.

Menurut Undang, langkah yang dilakukan Iing Syam Ariifin sangat tepat dalam mendorong terciptanya kondusifitas dan rekonsiliasi pasca Pilkada. “Pernyataan ini diharapkan bisa menyejukan konstelasi politik pasca pelaksanaan Pilkada Ciamis. Kami berharap semua pihak bisa kembali bersama-sama dalam membangun Ciamis yang lebih baik,”pungkasnya. (R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar