Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita CiamisPKB Parpol Pertama yang Daftarkan Persyaratan Bacaleg ke KPU Ciamis

PKB Parpol Pertama yang Daftarkan Persyaratan Bacaleg ke KPU Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Ciamis menjadi partai politik (parpol) pertama yang mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (15/07/2018). Meski pendaftaran Bacaleg untuk Pemilu Legislatif (Pileg) ditutup pada Selasa (17/07/2018) atau tinggal dua hari lagi, namun KPU baru menerima dari PKB saja. Parpol lainnya dimungkinkan akan mendaftar pada hari terakhir pendaftaran.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Kikim Tarkim, saat ditemui Minggu (15/07/2018), membenarkan pihaknya sampai saat ini baru menerima satu Parpol yang mendaftar, yakni Partai Kebangkitan Bangsa. Dia pun meminta kepada seluruh parpol yang belum mendaftar agar hari Senin (16/07/2018) sudah melakukan pendaftaran. “Jangan sampai parpol yang mendaftar menumpuk di hari terakhir atau Selasa (17/07/2018),”ujarnya.

Kikim mengatakan, setelah menerima dokumen dari PKB, pihaknya langsung memeriksa kelengkapan persyaratan. Setelah diperiksa, dokumen PKB Ciamis sudah memenuhi persyaratan.“Syarat pengajuan nama-nama bakal calon harus fix dan ditetapkan oleh pengurus parpolnya. Karena untuk syarat ini tidak bisa diperbaiki atau tidak bisa terjadi pergantian nama bakal calon. Sementara syarat bakal calon masih bisa dilakukan perbaikan pada tanggal 22 sampai 31 Juli 2018,” terangnya.

Kikim mengatakan, jumlah kursi DPRD Ciamis pada Pileg 2019 sebanyak 50 kursi dan terbagi dalam 6 daerah pemilihan (Dapil). Untuk Dapil Ciamis 1, kursi yang diperebutkan sebanyak 10 kursi, Dapil Ciamis 2 sebanyak 7 kursi, Dapil Ciamis 3 sebanyak 9 kursi, dan untuk Dapil Ciamis 4, 5 dan 6 masing-masing 8 kursi.

Selain PKB, kata Kikim, sebenarnya pihaknya di hari yang sama kedatangan perwakilan dari Parindo. Namun kedatangan pengurus Perindo hanya untuk melakukan konsultasi, karena ada beberapa syarat yang harus dilengkapi.

Di tempat yang sama, Ketua DPC PKB Ciamis, Imam Dana Kurnia, mengungkapkan, seluruh persyaratan yang diajukan sudah dinyatakan lengkap oleh KPU. Hanya saja, ada syarat personal dari beberapa Baceleg yang harus dilengkapi. “Untuk syarat personal, KPU memberikan tenggang waktu sampai 31 Juli untuk melengkapi. Tapi Insya Allah sebelum batas terakhir perbaikan berkas, semua syarat personal sudah dilengkapi,” ujarnya.

Imam juga mengaku bersyukur PKB menjadi parpol pertama di Kabupaten Ciamis yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU. “Ini bukti keseriusan kami dalam menghadapi Pileg. Artinya, PKB sudah siap bertarung di perhelatan Pileg 2019,”tegasnya.

Menurut Imam, PKB Kabupaten Ciamis mendaftarkan 50 bacaleg dengan komposisi laki-laki 60 persen dan perempuan 40 persen. Bacaleg yang mendaftar di PKB dari berbagai latarbelakang profesi, ada dari kalangan pesantren, akademisi, pengusaha, muslimat, ormas dan komunitas.

Imam mengatakan, dari 50 bacaleg PKB, 3 diantaranya merupakan incumbent atau anggota DPRD Ciamis aktif. Sementara sisanya adalah wajah-wajah baru. “Target kami rasional saja, yakni minimal 1 kursi di setiap Dapil atau kumulatif 6 kursi. Tapi mudah-mudahan di beberapa dapil ada yang memperoleh 2 kursi. Harapan kami bisa memperoleh 8 kursi,”ujarnya. (Her2/R2/HR-Online)