POPDA Jabar 2018, Banjar Hanya Kirim 6 Cabor

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjar, Nana Suryana. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Jawa Barat 2018 akan digelar di Kota Bandung pada 29 Juli hingga 3 Agustus 2018 mendatang. Dalam event tersebut, Kota Banjar akan mengirimkan sekitar 40 atlet, pelatih dan official dari 6 cabang olahraga (cabor) yang siap diikutinya.

“Semua persiapan sudah dilakukan sebelumnya, termasuk penetapan 6 cabor diikuti dari 21 cabor yang dipertandingkan dalam POPDA 2018. Kami pun menugaskan pejabat bidang olahraga untuk mengikuti pertemuan koordinasi di Bandung, sore hari ini,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Banjar, Nana Suryana, kepada Koran HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (20/07/2018).

Sejumlah atlet pelajar dari 6 cabor yang akan dikirim Kota Banjar ini didapat melalui hasil seleksi atau kualifikasi pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda) di Kabupaten Ciamis, yang telah dilaksanakan beberapa bulan lalu.

Adapun 6 cabor Kota Banjar yang lolos di POPDA Jabar 2018 ini meliputi atletik, karate, pencak silat, renang, dan senam. Para atlet akan bertanding di komplek SPOrT, GOR Arcamanik, dan GOR Pajajaran, Kota Bandung mulai minggu depan.

Nana menyebutkan, sebenarnya Kota Banjar juga berkeinginan mengikuti seluruh cabor atau bisa lebih dari 6 cabor dalam event POPDA kali ini. Namun, mengingat anggarannya terbatas, dan juga hasil raihan prestasi dari anak-anak yang telah disaring melalui seleksi ketat sebelum pelaksaan POPDA.

“Meski hanya 6 cabor yang dikirim, kami tak menargetkan muluk-muluk perolehan hasil, tapi diharapkan setidaknya mampu memberikan kontribusi medali bagi daerahnya ini. Pada prinsifnya, hasil yang diraih nanti bisa memberikan kontribusi dalam memperbaiki peringkat prestasi dibanding pada kejuaran POPDA dua tahun sebelumnya,” kata Nana.

Menurutnya, POPDA Jabar sendiri menjadi bagian evaluasi pembinaan atlet pelajar Kota Banjar. Pihaknya berharap kedepannya atlet pelajar Kota Banjar bisa ada yang masuk sampai Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS). (Nanks/Koran HR)