Prajurit 323 Kostrad Semakin Dekat dengan Masyarakat Perbatasan Papua

Salah seorang prajurit Yonif 323 Kostrad tampak dekat dengan anak-anak di wilayah perbatasan Papua. Photo: Istimewa.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Selama 7 bulan melaksanakan tugas, prajurit Yonif Raider 323/BP Kostrad semakin dekat dengan masyarakat di wilayah perbatasan Papua.

Yonif Raider 323/BP Kostrad merupakan satuan di bawah jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad yang sejak 7 bulan silam melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan di wilayah Papua. Dalam rilisnya yang diterima HR Online, Rabu (04/08/2018), Letda Chk. Rizki, SH., salah seorang perwira dari Satgas Yonif Raider 323 Kostrad, mengatakan, penugasan yang berjangka selama 9 bulan itu dilaksanakan di bawah kendali Komando Operasi Kodam 17/Cenderawasih di wilayah Kabupaten Merauke, Kabupaten Bovendigoel.

Selama melaksanakan tugasnya, sebuah satuan penugasan melakukan berbagai upaya untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Menjaga kedaulatan adalah tugas semua elemen bangsa ini, terlebih TNI sebagai garda terdepan dan benteng terakhir negeri ini,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, menjaga kedaulatan bukan hanya terbatas pada kedaulatan wilayah sebagai harga mati bahwa Indonesia tergelar dari Sabang sampai Merauke, namun lebih penting lagi menjaga mentalitas generasi muda untuk sadar akan pentingnya nilai rasa cinta tanah air.

Hal inilah yang dilakukan oleh Satgas Yonif Raider 323 Kostrad dalam membentuk pola pikir masyarakat Papua, khususnya generasi muda agar cinta terhadap tanah air.

Seperti yang beritakan resmi oleh media center Yonif Raider 323, Satgas 323 Kostrad melakukan berbagai kegiatan anjangsana di wilayah penugasan. Kegiatan anjangsana ini bertujuan membangun hubungan emosional yang baik kepada masyarakat.

“Setiap hari di luar kegiatan rutin memelihara pangkalan dan kemampuan, setiap pos perbatasan wajib melaksanakan kegiatan berkunjung ke pemukiman-pemukiman warga yang ada di sekitar pos,” terang Letda Chk. Rizki.

Tak jarang, saat melakukan anjangsana, para prajurit juga menyapa anak-anak yang ada di kampung-kampung. Pada saat sepeti itulah yang dimanfaatkan oleh para prajurit TNI untuk menyisipkan kesadaran akan pentingnya rasa cinta tanah air.

Bahkan, untuk menstimulasi kemauan anak, prajurit Satgas Yonif Raider 323 Kostrad juga kerap memberikan bingkisan atau hadiah kepada anak-anak tersebut. Hal ini yang membuat kedekatan mereka dengan masyarakat setempat semakin tak berjarak. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA