Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita BanjarPuluhan Pemuda di Banjar Diberi Bekal Pengetahuan Kewirausahaan

Puluhan Pemuda di Banjar Diberi Bekal Pengetahuan Kewirausahaan

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Puluhan pemuda Karang Taruna Desa/Kelurahan se-Kota Banjar, diberi pelatihan kewirausahaan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjar, di Aula Setda II, Kamis (19/07/2018).

Puluhan pemuda Karang Taruna Desa/Kelurahan se-Kota Banjar didorong berani membaca peluang dan memulai usaha.

Untuk itu, pemuda Karang Taruna diberi pelatihan kewirausahaan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjar, di Aula Setda II, Kamis (19/07/2018).

“Perwakilan pemuda Karang Taruna desa dan kelurahan ini, kami berikan bekal pengetahuan kewirausahaan agar bisa berdaya, dan mempunyai kapasitas sebagaimana diharapkan bersama,” Kata Kabid Pemuda Dispora, Atang atau yang dikenal abah Abud, kepada HR Online.

Dia berharap pasca pelatihan tersebut, mampu membaca dan memanfaatkan berbagai peluang usaha, bagaimana cara mengelola usaha dengan baik, terencana, kreatif dan inovatif. Sehingga dapat berkembang serta berdaya saing.

“Terlebih secara kelembagaan yang dinaunginya, yaitu dimana organisasi Karang Taruna itu harus mampu dan memiliki kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP),” imbuhnya.

Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kelembagaan Pemuda, Maya menambahkan, peserta pelatihan yang diisi pemuda ini memang semua belum memiliki usaha dan ada yang baru memiliki usaha serta sudah menjalankan usaha.

“Pelatihan ini bisa dikatakan bagian proses seleksi, yang nantinya dalam program rencana tindak lanjut bisa kembali beberapa pemuda didorong pengembangan usaha yang dimilikinya,” ujarnya.

Yang jelas, tandas dia, pelatihan kewirausahaan pemuda secara umum bertujuan untuk mempersiapkan pemuda Kota Banjar, khususnya menjadi wirausaha muda berdaya saing.

“Siapkan diri, untuk jadi wirausaha baru yang memiliki jiwa, motivasi dan keterampilan sesuai minat bakat dan potensi yang dimiliki,” harapnya.

Diketahui dalam pelatihan ini, Dispora Kota Banjar menghadirkan beberapa nara sumber berkompeten, seperti Ketua Dekranasda Kota Banjar Dr. Herman Sutrisno, dan Owner Ranginang Coklat (Rangicok). (Nanks/R5/HR-Online)