Respon Aksi, Pemkab Ciamis Akan Ambil Alih Perbaikan Jalan Inspeksi di Lakbok

Pemuda Lakbok dan Mahasiswa saat melakukan aksi tutup jalan berlubang. Foto: Muhafid/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Setelah Forum Pemuda Lakbok, Minggu (15/07/2018) lalu, menggelar aksi unjuk rasa menuntut perbaikan infrastruktur jalan inpeksi pertanian yang berada di wilayah Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, tampaknya langsung mendapat respons dari Pemkab Ciamis. Untuk mempercepat realisasi perbaikan jalan tersebut, Pemkab Ciamis rencananya akan mengambilalih penanganan jalan tersebut dari BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citanduy.

Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis, Okta Jabal, mengungkapkan, jalan inspeksi pertanian yang berada di wilayah Kecamatan Lakbok, penanganannya ada BBWS Citanduy. Pemkab, tambah dia, sebenarnya tidak memiliki kewenangan untuk melakukan perbaikan jalan tersebut.

“Jalan inpeksi pertanian tidak kami perbaiki, karena penangannnya masuk ke ranah kewenangan BBWS. Hanya, untuk kepentingan masyarakat, kami akan meminta kepada BBWS agar jalan tersebut dilimpahkan penanganannya ke Pemkab Ciamis. Proses permohonan pengambilalihan penanganan jalan tersebut saat ini sedang kami tempuh. Mudah-mudahan tidak ada kendala,” ujarnya, kepada Koran HR, Selasa (17/07/2018).

Okta menambahkan, apabila proses pengambilalihan penanganan jalan inpeksi pertanian wilayah Lakbok sudah selesai dan melimpah menjadi kewenangan Pemkab Ciamis, pihaknya akan mengusulkan anggaran ke Pemprov Jabar.

“Jalan inpeksi pertanian yang berada di wilayah Lakbok sangat panjang atau mulai dari batas Kota Banjar sampai Manganti yang berbatasan dengan Jawa Tengah. Dengan begitu, butuh anggaran yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Makanya, kami akan mengusulkan anggaran ke Pemprov Jabar. Karena, kalau dicover oleh APBD Ciamis, tentunya berat,” ujarnya.

Menurut Okta, jalan yang kewenangannya ada di Pemkab Ciamis dalam setiap tahunnya terus diperbaiki, termasuk yang berada di wilayah Kecamatan Lakbok. Untuk tahun ini saja, tambah dia, ada tiga titik proyek perbaikan jalan kabupaten di Kecamatan Lakbok.

“Tiga titik jalan di Kecamatan Lakbok yang akan diperbaiki tahun ini, yakni jalan Tanggogo-Sidaharja, jalan Manganti-Batas Pangandaran dan jalan Lakbok-Batas Banjar. Tiga proyek perbaikan jalan itu sekarang masih menunggu lelang selesai,” katanya.

Okta mengatakan, jalan yang berstatus kabupaten yang berada di wilayah Kecamatan Lakbok, hampir setiap tahun mendapat perbaikan. Adapun masih ada jalan yang rusak, tambah dia, namun kerusakannya tidak terlalu parah. “Jalan yang kerusakannya parah hanya jalan inpeksi pertanian saja,” imbuhnya. (Bgj/Koran HR)