Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisSehari Dua Titik Kebakaran Terjadi di Ciamis, Dua Rumah Ludes

Sehari Dua Titik Kebakaran Terjadi di Ciamis, Dua Rumah Ludes

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebuah rumah milik Oyon di Dusun Karangmalang, RT 32 RW 10, Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ludes terbakar padi tadi sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (17/07/2018).

Berdasarkan informasi yang diterima HR Online dari BPBD Kabupaten Ciamis, Kejadian tersebut didugaberasal dari tungku gas yang menyambar bensin. Sehingga api yang cukup besar itu membakar bagian rumah yang membakar hingga seluruh rumah ludes.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis, Ani Suparni, mengatakan, rumah yang juga dijadikan warung tersebut dihuni oleh 3 orang. Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun korban mengalami kerugian materi sekitar Rp. 600 juta.

“Masyarakat sekitar dan kami mengerahkan 3 mobil damkar berusaha memadam api di lokasi kejadian. Namun, karena material rumah dan isi warung yang mudah terbakar, ditambah lagi kondisi angin sangat kencang, rumah korban tidak bisa diselamatkan,” jelasanya.

Setelah proses pendinginan dan pemadaman dilakukan, lanjut Ani, pihaknya bersama masyarakat sekitar bahu-membahu mengevakuasi material kebakaran. Sementara itu, BPBD juga memberikan bantuan logistik ke korban berupa sembako, peralatan makan, peralatan sekolah, serta logistik lainnya.

Sebelum terjadi adanya kebakaran di wilayah Lakbok, lanjut Ani, kebakaran juga terjadi di Dusun Cilangkap, RT 2 RW 11, Desa Sukasari, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis yang menimpa rumah milik Awa.

“Di Tambaksari kejadian kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Meski tidak ada korban jiwa, namun pemilik rumah juga mengalami kerugian puluhan juta rupiah lantaran rumahnya ludes terbakar. Selain kami melakukan pendinginan serta pemadaman di lokasi kejadian, kami juga memberikan bantuan logistik. Adapun korban untuk sementara mengungsi di rumah tetangga,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)