Sejumlah PJU di Jalur Banjar-Langensari Tak Berfungsi

Fasilitas lampu PJU yang terpasang di tikungan Panatasan, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, rusak. Jika malam hari jalan tersebut tampak gelap. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang terpasang di jalur Banjar-Langensari, tepatnya di dekat Kantor UPT Balai Benih Padi dan Bibit, Lingkungan Panatasan, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, sudah lama padam.

Akibatnya, jalan yang kondisinya menikung itu tampak gelap-gulita saat malam hari sehingga membahayakan para pengguna jalan, terutama pengemudi kendaraan.

Seperti diungkapkan Nur, salah seorang warga setempat, kepada Koran HR, Selasa (17/07/2018), bahwa fasilitas PJU yang berdiri tepat di tikungan tersebut sangat penting keberadaannya.

Terlebih di lokasi yang menikung dan terdapat gang yang menghubungkan ke jalan jalur pengairan. Karena kondisinya padam, dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti halnya kecelakaan.

“Arus lalu lintas kendaraan di sini ramai terus, apalagi ini jalur utama ke Banjar dari arah Langensari. Pengendara juga kerap lewat gang yang masuk dari jalur pengairan. Karena PJU-nya padam, di sini menjadi rawan kecelakaan,” tuturnya.

Selain itu, kata Nur, jalur dari arah Banjar, atau sebelum masuk ke tikungan tersebut, juga membutuhkan fasilitas penerangan dan PJU yang ada harus segera diperbaiki pula. Sebab, jika malam hari kondisinya sangat gelap.

Senada dikatakan Iqbal, salah seorang pengguna jalan, bahwa di sejumlah titik jalur Banjar-Langensari yang sudah dipasang PJU namun kondisinya mati, diharapkan segera diperbaiki oleh pihak terkait.

“Ada beberapa titik yang padam PJU-nya, termasuk di tikungan Jalan Panatasan. Makanya saya berharap pemerintah bisa memperbaikinya, supaya warga setempat maupun pengguna jalan lebih tenang saat melintas pada malam hari,” harap Iqbal. (Muhafid/Koran HR)