Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisSeni Debus asal Mojokerto dalam Acara Nyiar Lumar di Kawali Ciamis Pukau...

Seni Debus asal Mojokerto dalam Acara Nyiar Lumar di Kawali Ciamis Pukau Penonton

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Penampilan seni tradisional Debus asal Mojokerto dalam rangkaian acara pagelaran seni budaya Nyiar Lumar yang dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memukau para penonton yang hadir, Sabtu (28/07/2018). Pasalnya, para pemain Debus berebut ayam hidup dan langsung memakannya.

Sejumlah penonton mengaku baru kali pertama melihat para pemain Debus berebut ayam hidup untuk kemudian dimakannya. Seperti dikatakan Nunung, salah seorang penonton, kepada HR Online.

“Melihat para pemain makan ayam hidup memang menimbulkan rasa jijik. Meski begitu, saya sangat terpukau melihatnya,” ujar Nunung.

Adang, penonton lainnya mengatakan, pertunjukan seni Debus di tiap daerah pada umumnya sama, dimana para pemainnya dalam keadaan tidak sadar sehingga makan apapun tidak ada istilah jijik atau takut.

“Tetapi pertunjukan seni Debus dari Mojokerto beda dengan pertunjukan seni Debus lainnya yang pernah saya lihat,” katanya.

Menurut Adang, perbedaan yang mencolok dari seni Debus asal Mojokerto yaitu para pemain yang kesurupan makan ayam hidup-hidup. Sehingga, bagi orang yang baru pertama melihatnya akan terpukau.

“Seni Debus asal Mojokerto merupakan seni yang erat kaitannya dengan kerajaan Majapahit. Makanya semua penonton dibuat terpukau,” kata Adang. (Dji/R3/HR-Online)