SMKN 1 Padaherang Pangandaran Wajibkan Siswa Ikuti PKL

Pertemuan orang tua siswa SMKN 1 Padaherang dalam pembahasan agenda PKL. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan menguji pengetahuan selama di sekolah, SMKN 1 Padaherang Kabupaten Pangandaran mewajibkan siswanya untuk belajar di luar sekolah sambil bekerja atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) di berbagai tempat.

Nana, Kepala SMKN 1 Padaherang, mengatakan, sebelum PKL tersebut dilaksanakan pihaknya mengumpulkan semua orang tua siswa yang akan mengikuti PKL, yakni siswa kelas XII.

“Selama tiga bulan ke depan, semua siswa kelas XII yang berjumlah sekitar 576 akan mengikuti PKL. Sebelum mereka melaksanakan agenda tahunan sekolah ini, kita kumpulkan semua orang tua untuk memberikan pemahaman serta kesepakatan perihal kegiatan tersebut,” katanya kepada Koran HR, Selasa (03/07/2018).

Tak hanya dihadiri oleh orang tua saja, lanjut Nana, Komite Sekolah serta para guru juga hadir. Adapun lokasi PKL yang disepakati itu sesuai keinginan siswa selagi masih di wilayah Indonesia dan sesuai dengan keahlian serta jurusan masing-masing siswa.

“PKL tahun 2018 ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Ada yang di Pangandaran maupun di luar Pangandaran, itu semua sesuai kesepakatan antara orang tua dan anaknya. Sedangkan kita dari sekolah hanya memfasilitasi saja,” pungkasnya.

Siti Aisah, salah satu siswa, mengatakan, dirinya bersama teman lainnya akan melaksanakan PKL di Telkom Bandung. Alasan tempat tersebut dipilih lantaran di Pangandaran dan tempat terdekat sudah penuh.

“Orang tua sudah tahu dan Alhamdulillah sudah mengizinkan. Semoga saja 3 bulan ke depan selama belajar di Telkom Bandung bisa mendapatkan pengetahuan baru sebagai bekal pasca sekolah nanti,” pungkasnya. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar