Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruSupaya tidak Kena Tipu, Ini Tips Membeli Smartphone Bekas

Supaya tidak Kena Tipu, Ini Tips Membeli Smartphone Bekas

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Dana terbatas menjadi alasan seseorang membeli smartphone bekas. Meski tidak baru, namun smartphone bekas ada juga yang masih layak dipakai bahkan bisa tahan lama.

Keuntungan membeli ponsel bekas selain harga yang murah juga gampang dicarinya. Banyak di forum-forum jual HP bekas di media sosial, yang menawarkan beragam harga serta berbagai barang serta merek dari yang terkenal sampai yang abal-abal.

Tentunya barang bekas juga ada kekurangannya, hal itu disebabkan karena pernah dipakai sebelumnya. Untuk itu membeli ponsel bekas tetap dibutuhkan pertimbangan.

Berikut ini tips membeli smartphone bekas agar tidak tertipu dan barang serta kualitasnya sesuai dengan harapan Anda.

# Beli dari orang terdekat

Jangan tergesa-gesa langsung membeli smartphone bekas di forum atau jual beli online. Cari dulu di teman atau orang terdekat dan sudah kenal baik dengan Anda, apalagi yang ingin menjualnya terkenal dengan apik dalam hal pemakaiannya.

Tujuannya, dengan membeli dari orang dekat kemungkinan untuk menipunya sangat kecil, daripada di forum jual beli online.

# Cek kelengkapan

Sebelum deal, sebaiknya Anda periksa terlebih dulu perlengkapan dari smartphone. Apakah dus, charger yang orisinal, kabel USB, headset serta kartu garansi masih ada. Jika ada salah satu dari perlengkapan tidak ada, maka Anda harus menegosiasi karena ada kekurangan perlengkapan.

# Survei harga di internet

Menyurvei harga smartphone di intenet sangat penting dilakukan. Tujuannya, supaya Anda saat membeli smartphone bekas tidak kemahalan. Jadi ketika si penjual menawarkan barangnya, Anda bisa melakukan negosiasi karena sudah tahu harga di pasaran.

# Cek WiFi serta sinyal

Jangan lupa sebelum membeli periksa juga komponen penangkap jaringan, apakah bisa menangkap sinyal atau tidak. Selain itu, cek juga fitur penting lainnya seperti WiFi serta Bluetooth.

# Periksa komponen dan fitur lainnya

Yang terakhir adalah periksa komponen penting lainnya, seperti baterai apakah masih dalam keadaan layak pakai dalam artian tidak kembung. Kemudian tombol power, volume, dan tombol di layar apakah masih berfungsi atau tidak.

Selain itu mikrofon dan speaker masih masih berjalan lancar atau tidak. Dan mencoba melakukan panggilan atau menerima telepon. (Adi/R5/HR-Online)