Tembok Penahan Ombak di Batu Hiu Pangandaran Porak Poranda Diterjang Gelombang Pasang

Tembok Penahan Ombak di Batu Hiu Pangandaran Porak Poranda Diterjang Gelombang Pasang

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Gelombang pasang dengan ketinggian ombak mencapai 4 sampai 6 meter yang menerjang pantai Batu Hiu di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dilaporkan sudah memporakporandakan sebuah tembok penahan ombak dan sejumlah pepohonan yang berada di sepanjang pantai.

Peristiwa gelombang pasang terbesar dalam beberapa tahun terakhir ini juga merendam sejumlah rumah warga dan warung-warung yang berada di sekitar pantai Batu Hiu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, membenarkan tembok penahan ombak di pantai Batu Hiu jebol diterjang gelombang pasang.

“Tembok yang hancur itu panjangnya sekitar 15 meter. Namun, tembok itu tidak ambruk sekaligus, tetapi setelah beberapa kali terkena hantaman gelombang pasang. Begitupula pepohonan yang berada di sepanjang pantai banyak yang ditumbang dihantam gelombang,” katanya.

Pihaknya, lanjut Nana, sudah menerjunkan petugas Pusdalops BPBD untuk mengevakuasi reruntuhan pohon yang tumbang. “Intensitas tekanan gelombang pasang memang tidak stabil, ada kalanya rendah dan adakalanya juga kencang. Makanya, tembok pembatas itu tidak jebol sekaligus,” ungkapnya.

Sementara itu, akibat terjadi gelombang pasang, membuat aktivitas di kawasan obyek wisata pantai Batu Hiu terganggu. Sejumlah pedagang pun terpaksa berhenti berjualan lantaran jalan raya dan sebagian warung terendam air laut. (Ntang/R2/HR-Online)

Aegis Boost Pro