Ternyata Begini Cara Masak Mie Instan yang Benar

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Mie instan merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Apalagi di saat tanggal tua dan malas masak. Makanan cepat saji ini bisa menjadi alternatif mengisi perut.

Meski sangat digemari, namun jangan salah jika banyak para ahli kesehatan yang berpendapat bahwa mie instan tidak baik untuk dikonsumsi. Terlebih mereka yang sedang menjalankan diet. Karena lemak serta karbohidrat yang terkandung dalam mie cukup tinggi.

Walaupun banyak yang menyarankan jangan makan mie instan, namun bukan berarti Anda tidak boleh memakannya. Asal dengan catatan jangan terlalu sering. Supaya aman dikonsumsi, maka perlu cara masak mie instan yang benar, sehat serta aman untuk perut.

Nah berikut ini cara masak mie instan yang benar yang dirangkum dari berbagai sumber.

# Ganti air rebusan

Ada dua macam mie instan, yaknk mie.kuah dan mie goreng. Untuk mie kuah tentu harus diberi air. Sayangnya dalam menyajikan mie instan berkuah, banyak yang tidak mengganti air rebusannya.

Padahal, air rebusan mie tersebut mengandung bahan pengawet serta pewarna, yang tentu jika dikonsumsi akan ikut masuk ke dalam perut.

Untuk itu, disarankan agar sesudah merebus mie instan, sebaiknya rebus kembali dengan air yang baru. Meskipun risiko kandungan gizi yang ada di dalam mie ikut terbuang. Namun dipastikan akan aman dan sehat dikonsumsi.

# Tambahkan telur

Supaya lebih komplit gizinya, sebaiknya ditambah dengan telur. Bukan hanya memberikan tambahan cita rasa, namun telur juga mempunyai kandungan protein yang sangat baik untuk tubuh.

Namun dengan catatan, hindari memasak mie instan disatukan dengan telur di satu panci atau wadah yang sama. Alangkah baiknya, setelah mie matang, buang air rebusannya. Kemudian rebus kembali dengan air yang baru untuk merebus telur.

# Tambahkan sayuran

Selain menambah telur, Anda juga bisa menambahkan sayuran ke dalam mie. Sayuran tersebut bisa kubis, brokoli, sawi atau kembang kol.

Caranya sama dengan cara di atas. Setelah mie masak setengah matang, ganti air rebusannya dengan air yang baru. Lalu masukan sayuran tersebut ke dalam air mendidih. Tujuannya agar serat dalam sayuran tetap terjaga apabila memasaknya tidak terlalu lama.

# Jangan banyak bumbu

Biasanya di dalam mie instan sudah dibekali dengan bumbu. Namun sebaiknya kurangi bumbu tersebut. Namun tidak menghilangkan cita rasa yang enak. Untuk gantinya dapat ditambahkan dengan bawang goreng.

Catat baik-baik, bumbu mie instan jangan dimasukkan atau disatukan dengan rebusan mie. Namun bubuhkan bumbu mie tersebut ke dalam mangkok. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA