Tips Mencharger Baterai Smartphone Supaya Awet dan Aman

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Smartphone menjadi barang yang sangat dibutuhkan manusia saat ini. Pasalnya, selain berfungsi sebagai alat komunikasi, ponsel cerdas juga bisa bermanfaat untuk mengisi waktu luang dengan bermain gim bahkan menghasilkan uang.

Seluruh aktivitas di atas jika rutin dilakukan setiap hari, sudah pasti daya baterai smartphone akan cepat terkuras. Sedangkan untuk men-charger-nya memang bisa dikatakan gampang.

Akan tetapi jika mengisi daya baterai smartphone tidak dilakukan dengan hati-hati, malah akan cepat merusak baterai seperti kembung bahkan ponselya pun ikut rusak.

Untuk itu, berikut ini tips mencharger baterai smartphone supaya proses pengisiannya lancar tanpa ada masalah, yang HR Online rangkum dari Brilio.

# Jangan menaruh di alas yang mudah panas

Selama mengisi daya, kadang-kadang baterai akan mengeluarkan panas. Untuk itu, sebaiknya simpan smartphone tersebut di tempat yang tidak mudah panas, seperti meja atau lantai. Pasalnya, jika menaruh di alas yang mudah panas, maka bisa menyebabkan ledakan karena overheat dari baterai yang di charger.

# Gunakan charger asli

Ini yang sering diabaikan oleh para pengguna smartphone. Memang sepele, namun jika dilakukan terus-menerus malahan akan merusak smartphone.

Untuk mengisi ulang daya baterai jangan menggunakan charger asal-asalan, jika ingin menggunakan milik orang lain pastikan output dari charger itu harus sama dengan yang asli bawaan smartphone.  

# Hindari gonta-ganti charger

Meski output antara charger milik Anda dengan orang lain sama, sebaiknya hindari memakai milik orang lain. Pasalnya, yang jadi masalah adalah port USB charger jika sering gonta-ganti maka akan mengakibatkan port tersebut cepat aus.

# Jangan menunggu sampai smartphone mati

Jangan memaksakan memakai smartphone sampai daya baterainya 0 persen. Sebab, untuk mengisi daya baterai dari 0-100 persen dibutuhkan waktu yang lama, sehingga dapat mengakibatkan timbulnya lapisan lithium metalik.

Dan jika itu dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka dampaknya stabilitas baterai akan berkurang serta sistem pada smartphone akan mengalami malfungsi sampai reboot sendiri. (Adi/R5/HR-Online)

Aegis Boost Pro