Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaArtikelTips Mengatasi Nyeri Punggung yang Menyiksa, Cukup Minum Wedang Jahe

Tips Mengatasi Nyeri Punggung yang Menyiksa, Cukup Minum Wedang Jahe

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Nyeri punggung yang terasa menyiksa bisa dialami siapa saja. Untuk membantu mengatasinya, cobalah Anda minum wedang jahe.

Dilansir OkezoneLifestyle, Selasa (17/07/2018), diperkirakan di seluruh dunia setidaknya 1 dari 30 orang dewasa mengalami berbagai macam sakit punggung. Biasanya nyeri punggung menyebar luas dan umum diderita oleh mereka yang berusia 40 tahunan.

Selain nyeri punggung, penyerta lainnya terjadi pula, yakni sakit perut, sakit kepala, atau nyeri di bagian tubuh lain yang membuat Anda tersiksa. Gangguan tersebut jelas menghambat Anda untuk beraktivitas.

Nyeri punggung ringan bisa dialami seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Meski ringan, namun dampaknya bisa mengganggu fisik Anda, misal jadi sulit berjalan, berlari, berolahraga, membungkuk, bergerak, dan lainnya.

Jadi, gangguan tersebut jangan diabaikan karena bisa memicu berbagai dampak bahaya. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu manfaatkan jahe sebagai obat nyeri punggung.

Perlu diketahui bahwa jahe merupakan bahan dapur yang sangat populer digunakan dalam beberapa pengobatan kuno. Selain untuk mengobati nyeri punggung, jahe juga dapat menyembuhkan penyakit lainnya.

Jahe juga bisa menambah rasa lezat pada makanan, juga mengobati penyakit pencernaan, sakit perut, mual, sembelit, serta penyakit lainnya. Selain itu, jahe dapat mengurangi kolesterol tinggi, mengurangi berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan sebagainya.

Tapi sayangnya, fakta kalau jahe memiliki kapasitas untuk mengurangi sakit punggung kurang dikenal. Padahal jika ditilik nutrisinya, jahe kaya akan senyawa kuat seperti polifenol, gingerol, tanin dan flavonoid. Jahe juga mengandung antioksidan serta vitamin C.

Kombinasi komponen jahe tersebut membuatnya menjadi agen anti-inflamasi atau zat yang punya kemampuan untuk mengurangi peradangan serta rasa sakit.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di University Of Maryland Medical Center, mengungkapkan, setidaknya seseorang konsumsi 2-4 gram jahe setiap hari. Apalagi saat mengalami nyeri punggung.

Namun, tetap jaga pola makan yang sehat, olahraga rutin dan menjaga berat badan secara sehat, disamping rutin minum wedang jahe, sehingga hasilnya akan sangat efektif.

Cara membuat minuman wedang jahe sangat mudah, cukup ambil 2-4 gram jahe yang baru dipotong dan dibersihkan. Lalu, rebus dengan air hingga mendidih. Jika sudah siap, minum hangat-hangat sampai rasa nyeri di punggung hilang sendiri.

Namun, cara ini hanya cocok bagi seseorang yang menderita nyeri punggung ringan. Sedangkan, jika Anda mengalami cedera, segera konsultasikan dengan dokter guna penanganan lebih lanjut. (Eva/R3/HR-Online)