Warga Pangandaran Dihebohkan Misteri Harta Karun di Goa Angker

Pemerintah Kecamatan Cigugur dan Pemdes Cimindi saat mendatangi Goa Akim yang terkenal angker. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Cirawa, Desa Cimindi, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran baru-baru ini dihebohkan adanya penemuan salah satu goa yang belum tersentuh oleh manusia.

Goa yang bernama Goa Akim tersebut dikenal angker. Karena itu tidak ada warga yang berani datang ke goa tersebut, bahkan untuk memasukinya.

Kepala Desa Cimindi, Anwar, berdasarkan keterangan dari warga Dusun Cirawa goa tersebut sudah lama dikenal angker. Pasalnya, setiap malam Jum’at Kliwon kerap terdengar suara-suara aneh yang datang dari dalam goa.

“Tak hanya itu, makhluk halus di sekitar goa ini juga sering menjelma apa saja dan makhluk tersebut diketaui merupakan penjaga goa,” katanya kepada Koran HR, Selasa (03/07/2018).

Cerita lain dari Goa Akim, lanjut Anwar, pernah ada seorang yang bertapa di dalam goa tersebut. Sayangnya, hingga saat ini petapa tersebut tak diketahui rimbanya. Sementara itu, nama Goa Akim berasal dari penemu goa tersebut yang bernama Akim.

“Dari dulu belum ada yang berani datang ke sini, hanya baru-baru ini saja dari pihak kecamatan bersama pemerintah desa datang ke sini, itu pun bersama para orang yang memiliki kelebihan dalam bidang supranatural,” imbuh Anwar.

Saat mendatangi lokasi, sambung Anwar, mulut goa tersebut diperkirakan mencapai 5 meter dan lebar di dalam goa sekitar 15 meter. Adapun panjang goa belum bisa diprediksi lantaran di dalamnya sangat gelap dan bercabang-cabang.

“Dibalik semua itu, di dalam goa terdapat sumber mata air yang sangat bening sekali, bahkan layak dikonsumsi langsung oleh kita,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Cigugur, Erik Krisna Yudha, mengatakan, ditemukannya goa tersebut yang memiliki mata air diprediksio bisa mengairi sawah sekitar 20 hektar. Kendati demikian, perlu adanya pipa sepanjang 800 meter agar air bisa langsung masuk ke pemukiman warga.

“Ini harus dijaga dengan baik agar manfaatnya terus bisa kita rasakan. Bahkan, goa ini juga bisa jadi destinasi wisata baru yang ada di Cigugur,” katanya.

Berbeda dengan pandangan Anwar dan Erik, dua orang yang memiliki kekuatan supranatural, Abah Tatang dan Didin, menilai Goa Akim memiliki kekuatan magis yang sangat luar biasa. Menurut mereka, penunggu goa tersebut tidak sembarangan.

“Menurut penerawangan kami, di dalam goa ini terdapat harta karun yang sangat berlimpah, terutama emas. Meski begitu, untuk mendapatkannya tidaklah mudah, yakni harus bisa mengalahkan penunggu di sini yang jumlahnya tidak hanya satu saja, tapi lebih,” paparnya.

Dari informasi yang dihimpun Koran HR, hasil penerawangan dua orang yang memiliki kekuatan supranatural ini ternyata hampir sama dengan cerita warga sekitar yang secara tidak sengaja melihat dari luar goa ada setumpuk emas batangan. Karena kilauannya itu, bisa terlihat sampai ke luar.

“Saya pernah melihat emas batangan di dalam goa. Kebetulan saya tidak sengaja sedang di sekitar goa tiba-tiba ada pancara emas yang begitu mengkilau. Namun, orang lain yang penasaran justru tidak melihatnya,” kata Ujang, salah satu warga yang pernah melihat emas di dalam goa tersebut. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA